Rangkap Jabatan Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Dan Guru Sertifikasi Jadi Ketua Panwascam Padang Tualang

1/04/23, 04:59 WIB Last Updated 2023-01-03T21:59:57Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini




Aksaranews.co.id Langkat, |Rangkap Jabatan Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Dan Guru Sertifikasi Jadi Ketua Panwascam  Kecamatan Padang Tualang 

Lagi-lagi Panwascam mendapat

 sorotan dan menjadi perbincangan hangat di berbagai pihak. Lantaran, selain menjabat Kepala Sekolah di Madrasah ibtidaiyah , Bersertifikasi belakangan ini juga ikut dan di lantik menjadi Ketua Pengawas Kecamatan (Panwascam).  Selasa (3/1/2023 )pukul 18.11 Wib 


Berdasarkan penelusuran media ini, terlihat Di Akun Facebook Dinamika Langkat telah membahas mengenai rangkap jabatan panwaslu di Kecamatan Padang Tualang di wilayah  Kabupaten Langkat, ternyata satu orang Kepala Sekolah , bersertifikasi telah dilantik menjadi Ketua Panwascam di Kecamatan Padang Tualang.


Padahal, jelas-jelas setiap anggota panwascam saat mengikuti seleksi harus sudah mengantongi surat pengunduran diri dari pekerjaan sebelumnya .


 Perwakilan Masyarakat  Kecamatan Padang Tualang yang enggan disebutkan namanya,menyesalkan sikap Bawaslu yang tidak mengklarifikasi data sebelum seluruh anggotanya dilantik.


Pasalnya, jelas dalam peraturan Bawaslu nomor 19 tahun 2017 diterangkan bahwa setiap anggota Panwaslu baik tingkat Kabupaten dan tingkat Kecamatan tidak boleh merangkap tugas, sebab dapat melanggar aturan.


Ia menambahkan, anggota Panwaslu Kecamatan berjumlah 3 (tiga) orang dan  bersifat ad hoc artinya Panwascam sebagai penyelenggara Pemilu yang langsung bersentuhan dengan penyelenggara dan peserta Pemilu yang bekerja di tingkat bawah, sekaligus sebagai garda terdepan dalam Pengawasan tahapan Pemilu.


"Yang namanya rangkap jabatan tentunya tidak bagus, apalagi kalau regulasi aturan dikangkangi. Terlebih untuk menjaga kredibilitas pengawasan di pemilu nanti bisa-bisa dipertanyakan. Karena, anggota Panwascam harus bersikap adil dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, sementara dirinya merangkap jabatan sebagai kepala sekolah,ia harus bisa memilih salah satunya," jelasnya.

Ketika dimintai keterangan Pihak terkait yaitu insial M.BN tidak mengangkat Telepon Aplikasi WhatsApp messenger dan   pesan konfirmasi yang dikirimkan oleh media  melalui Whatsapp Messenger hanya dibaca saja karena sudah bercentang biru 


Dikesempatan yang sama Rika sari selaku Koordinator SDM Bawaslu Langkat saat di telepon Biasa tidak mengangkat nya ,di telepon via Whatsapp messenger pun tidak mengangkat dan di ceting pesan Whatsapp nya belum memberikn tanggapan  


Red (Lf)/supli.

Komentar

Tampilkan