PJ. WALIKOTA SINGKAWANG BERSAMA KAPOLRES SINGKAWANG SILATURAHMI KE PENGURUS MESJID RAYA KOTA SINGKAWANG.

1/22/23, 10:06 WIB Last Updated 2023-01-22T03:06:47Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



Aksaranews.co.id , Singkawang, Kalbar. - Pj. Walikota Singkawang Drs.H. Sumastro, M.Si bersama Kapolres Singkawang, AKBP Arwin Amrih Wientama., SH., S.I.K., M.H. melaksanakan kegiatan Silaturahmi dan Koordinasi bersama pengurus mesjid Raya Singkawang bertempat di ruangan mesjid Raya Singkawang, Jum'at (19/1/2023). 


Dalam kegiatan silaturahmi tersebut juga dihadiri oleh Ketua PHBI Kota Singkawang Ruslan Karim, Ketua mesjid raya Kota Singkawang, Pengurus yayasan Mesjid Raya Kota Singkawang Ahmad Kismed, Kasat Intelkam Polres Singkawang, dan Tokoh agama Islam Ustd Aris.


Dalam kegiatan silaturahmi tersebut  Pj walikota Singkawang Drs.H. Sumastro, M.Si. menuturkan, "Sebagai pejabat kota singkawang intinya yakin dan percaya sebagai masyarakat kota Singkawang  sudah menjadi bagian warna kehidupan kota singkawang penuh dengan keberagaman sehingga kota singkawng dipredikat sebagai kota tertoleran.


Sebagai forkopimda mohon saran dan dukungan agar gelaran imlek dan cap go meh 2023 kita mampu memberikan rasa tenggang rasa dan toleransi antar umat beragama, Tradisi kebudayaan saudara kita, mari kita hormati dan Polres Singkawang bersama Pemerintah Kota Singkawang sudah mengantisipasi kegiatan ini.


Sehingga Mengharapkan pengayoman dan menciptakaan semangat toleransi sebagai masyarakat kota singkawang kita bersaudara dari sisi kemanusian, sebangsa dan setanah air, Mohon masukan dari pengurus Mesjid Raya Kota Singkawang sehubungan dengan gelaran acara imlek dan cap go meh 2023 yang merupakan even besar di Kota Singkawang, Mari kita Berbesar hati dengan kerukunan umat beragama di Kota Singkawang, Pungkasnya. 


Dalam kesempatan tersebut Kapolres Singkawang Menyampaikan, "Memohon maaf dan apresiasi tidak ada kesengajaan dan ijin kepada sesepuh dan tokoh islam di Mesjid Raya dan kita panjatkan puji sukur kepada Tuhan yg maha esa sehingga kita bisa bersiaturahmi pada hari ini.


"Kami dari polres Singkawang Bersama dengan Pemkot singkwang bersilaturahmi dalam rangka berkaitan dengan saudara kita yang akan melaksanakan Imlek dan cap go meh 2023 di kota Singkawang.


"Kami juga sudah  melaksanakan koordinasi ke 4 (empat ) pengurus gereja yang ada di kota Singkawang sehubungan dengan Imlek dan cap go meh 2023 di kota Singkawang, Khususnya pada saat pawai lampion pada tanggal 3 dan 5 januari 2023 iringan - iringan  pawai tidak menutup kemungkinan akan melewati Mesjid Raya Kota Singkawang.


"Kami senantiasa mohon pencerahan dan kerjasama dan doa restu, saran dan masukan dari pihak Mesjid Raya dan masyarakat Muslim Kota Singkawang, Apapun kebijakan yang diberikan kami akan melaksanakan amanah yang diberikan dan akan berkoordinasi dengan pihak panitia, Akan senantiasa berkoordinasi dengan walikota beseta lapisan masyarakat yang ada di kota Singkawang, guna mempertahankan Kota Singkawang sebagai kota tertoleran, Semoga kegiatan yang ada di kota singkawang berjalan aman dan kondusif.


Dalam kesempatan tersebut Ketua yayasan mesjid raya Singkawang H. Ahmad Kismed, menyampaikan, Bahwa Di mesjid raya ada dua pengurus yaitu pengurus yayasan dan ada pengurus mesjid Raya, Alhamdulillah selama ini kita hidup berdampingan dalam situasi multi etnis tidak dengan hal yang nyata namun hal hal yang gaib, bagaimana kita menjaga kondisi yang sudah terjalin sehingga tidak tercemari dan ternodai.


"Silahkan melaksanakan kegiatan dengan kepercayaan masing'masing dan kita tidak akan mencemari dan menodai akidah kita.

Mengharapkan saat kegiatan imlek dan Cap go meh 2023 tidak terjadi sesuatu hal-hal yang diinginkan, sehingga dalam kegiatan ibadah umat lain tidak perlu kita campuri,  Semoga kegiatan berjalan dengan lancar seperti tahun tahun sebelumnya


Seperti tahun tahun sebelumnya Rute yang dilalui melewati persimpangan mesjid raya apabila pihak mesjid Raya sudah melantunkan ayat suci Al-quran menjelang Sholat Zuhur memohon gendrang - gendrang tidak dibunyikan lagi, namun setelah kegiatan sholat dipersilahkan, Pungkasnya


Dalam kesempatan tersebut Ketua PHBI Kota Singkawang Ruslan Karim menuturkan, " Mari kita mencari solusi yang terbaik dalam perayaan imlek dan cap go Meh di kota singkawang, kita antisipasi hal yang tidak diinginkan, Terimakasih telah mengunjungi mesjid raya yang merupakan Mesjid di Kota Singkawang.


Antisipasi saat kegiatan cuci jalan di simpang -  simpang yang rawan macet dan laka serta  mengharapkan atribut atribut muslim tidak dibawa  pada saat perayaan cap go meh 2023, kita akan selalu berkoordinasi dengan polres singkawnag dan pemkot singkawang sehubungan dengan kegiatan yang ada di Kota Singkawang, Pungkasnya 


Sumber. Ramon. Red:supli.

Komentar

Tampilkan