Pejuang Kemanusiaan Berkunjung Ke Indonesia

1/09/23, 15:36 WIB Last Updated 2023-01-09T08:36:49Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Aksaranews.co.id — BATAM, Zainal Abideen salah satu pendiri   Persatuan (78 tahun) Pekerja Pulau Christmas yang juga warga negara Australia , mengatakan tentang bekerja di Pulau Christmas, 1966 hingga 1969 kembali ke Christmas Island pada tahun 1974 bagaimana UCIW didirikan.



Zainal juga meminta  dukungan pada serikat pekerja, serikat pekerja lain di pulau itu. Bukan  hanya itu, pria yang sudah terlihat sepuh ini juga melakukan perjuangan membela hak-hak kemanusian warga negara Indonesia atas  pelecehan dan penindasan dari orang kulit putih di pulau itu.



BPC mengakomodir untuk membubarkan serikat pekerja melalui Raj dan Grup Reformasi. Michael Grimes, Prestasi Gordon Bennett dan kendali Bennett atas serikat pekerja, BPC, dan administrasi.


Untuk  berkaitan dengan sejarah sosial Christmas Island dan direkam oleh Marg Neale dan Jan Adams. Direkam di Perth, Australia Barat pada 14 Januari 1987. Master digital tersedia Perpustakaan Nasional Australia


Pengangkatan di We are the Christmas Islanders, kenang-kenangan dan ingatan orang-orang di pulau terpencil atas Teritorial Australia di Pulau Christmas, Samudera Hindia / Margaret Neale dibantu oleh Jan Adams. Chapman, ACT: B. Neale, 1988.


Dia juga sempat melakukan demonstrasi atas pemerintah Australia guna memperjuangkan hak-hak rakyat Indonesia di pulau Chrismas Islands. Zainal Abideen merupakan salah satu tokoh perjuang kemanusian untuk rakyat Indonesia di pulau itu guna mendapatkan hak-hak mereka.


Zainal yang juga  berkeewarganegaraan Australia keturunan India ini merupakan pejuang kemanusian para pekerja Indonesia  di Crismast  Zainal Abideen yang lahir 78 tahun yang lalu di Singapore merupakan keturunan India-Singapore dan mempersunting wanita Singapore sebagai pendamping hidupnya.


Saat ini  Zainal begitu akrab disapa tinggal di Australia, tepatnya di Chirstmas Island Australia akan tetapi, atas perjuangannya itu. Dia mengaku pada media ini, jika dirinya sebagai warga negara Australia, yang merupakan aktivis kemanusian yang berjuang untuk membela hak-hak kemanusian para kerja Indonesia di pulau tersebut.


Pejuang kemanusiaan ini Zainal Abideen Warga Negara Australia  Di Christmas Island

“Walaupun saya warga negara Australia, saya adalah seorang aktivis kemanusian yang membela hak-hak para pekerja dari pelecehan atas sisi kemanusian rakyat Indonesia,” tuturnya, Minggu (08/01/2023) di Batam.


Sedang alasan membela hak-hak pekerja Indonesia? Zainal mengaku bahwa dia melihat dari sisi kemanusian yang ditindas dan dilecehkan bangsa Australia atas pekerja yang merupakan warga negara Indonesia saat itu.


Saat kedatangannya di Indonesia, Zainal Abideen menyampaikan, bahwa kedatangannya di Indonesia hanya untuk dikenang dan dihargai oleh Indonesia atas perjuangan kemanusian yang pernah dia lakukan dimasa lalu.


“Selain rilek di Indonesia saya ingin mengenang perjuangan yang pernah saya lakukan untuk rakyat Indonesia kala itu,” terangnya.


“Indonesia  mengalami kemajuan yang sangat pesat di antara negara Asia. Kekayaan alam yang melimpah, serta masyarakatnya memiliki rasa toleransi yang tinggi atar umat beragama dan beragam budaya, ” ucapnya.


Zainal Abideen Warga Negara Australia Pejuang Kemanusian Di Christmas Island

“Ini lah yang membuat saya kagum dan cinta Indonesia. Ini negara besar dengan jumlah penduduk 270 juta jiwa dan memiliki potensi sùmber daya alam yang kaya,” kata Zainal.


Saat ini dirinya sedang menikmati berlibur di Indonesia. Tiga kota besar yang akan dikunjungi, diantara tiga kota yang akan dikunjungi yakni, Jakarta, Badung dan Batam.


“Tiga kota yang akan menjadi tujuan kami yaitu Jakarta, Bandung dan Batam,” ujar dia.


Zainal juga merasa kagum dengan kemajuan dan kebersihan kota Batam yang sekarang dia kunjungi. “Kota-kota di Indonesia sangat indah, bersih dan nyaman. Saya betah berlama-lama berada di Indonesia. Negara ini damai, tentram dan sangat-sangat beautiful,” kata Zainal.


Zainal Abideen Warga Negara Australia Pejuang Kemanusian Di Christmas Island

“Saya berharap pemerintah Indonesia mengenang dan mengikat kembali atas perjuangan kami di Christmas Island,” ungkap Zainal. *

Komentar

Tampilkan