Terkait Kurang Transparan nya Pengelolaan BUMK dikabupaten Gayo Lues APIP diminta Audit

12/24/22, 12:46 WIB Last Updated 2022-12-24T05:46:39Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini





Alarmantes.co.id ,(Banda Aceh) Praktisi Hukum M Purba ,SH meminta APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintah) melakukan Audit terhadap semua dana yang dikelola oleh  BUMK (Badan Usaha Milik Kampung) yang ada dikabupaten Gayo Lues tanpa terkecuali,Sebutnya kepada media Sabtu (24/12/2022).



Sebab berdasarkan hasil catatan kita akhir -akhir ini terkait dana yang dikucurkan oleh BUMK tersebut dari tahun 2017 sampai 2022 ada yang tidak lengkap administrasi nya namun tersebut Si A meminjam pinjaman sebesar 30 juta rupiah.


Namun hal ini tidak dapat dibuktikan secara administrasi.


Belum lagi kita menduga bahwa dana BUMK tersebut dibelikan berupa barang namun barangnya tidak menjadi inventaris desa (aset Desa) namun menjadi Milik pribadi oknum tertentu.



Belum lagi tidak mungkin pula terjadi adalah praktik KKN, misalnya BUMK dikelola orang dekat atau keluarga petinggi desa setempat.


Purba juga menyebut banyak BUMK yang tidak beroperasi, tidak menyampaikan laporan keuangan nya , pendiriannya tidak didukung dengan studi kelaikan, dan belum tertib dalam hal tata usaha serta laporan.


Apalagi persoalan BUMK  selama ini mungkin dikelola orang yang tidak kompeten, misalnya bidang usaha BUMK yang ternyata tidak sesuai dengan potensi unggulan desa, serta kontribusi BUMK terhadap pendapatan desa juga mungkin juga tidak ada.Papar Anggota Peradi ini.(Red:supli.)

Komentar

Tampilkan