Putri Bank Jatim dan Petrokimia, Mengawali Livoli Divisi Utama 2022

9/08/22, 22:18 WIB Last Updated 2022-09-08T15:18:27Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


 

AKSARANEWS.CO.ID.JAKARTA - Juara bertahan putri Liga Voli Indonesia (Livoli) Divisi Utama, Bank Jatim dan Petrokimia Gresik akan mengawali Livoli Divisi Utama 2022, pada 11 Oktober 2022 yang berlangsung di Tawangalun, Banyuwangi, Jawa Timur.


Kedua tim asal Jatim itu berada di Pul DD bersama dua tim putri lainnya yakni Vita Solo dan TNI AL. Pembagian pul Livoli Divisi Utama untuk babak reguler tersebut diputuskan pada pertemuan klub-klub Livoli Divisi Utama secara virtual yang berlangsung Kamis (8/9/2022). 


Selain itu, pertemuan yang dipimpin Wakil  Ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP. PBVSI, Reginald Nelwan itu memutuskan pembagian pul untuk Banyuwangi dan Solo.


Runner-up Livoli Divisi Utama 2019, Samator Surabaya, Pasundan, Yuso Yogyakarta, dan DPUPR Grobogan berada satu pul di Pul B di Banyuwangi.


Seperti diketahui, Livoli Divisi Utama tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan event yang sama tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, Livoli Divisi Utama babak reguler selain di Banyuwangi juga berlangsung di Solo.


Livoli Divisi Utama terakhir diselenggarakan di Tangerang pada 2019. Karena adanya pandemi covid-19 event tahunan itu terhenti selama dua tahun hingga akhirnya mulai berlangsung tahun ini.


Di Banyuwangi dijadwalkan akan berlangsung 11-16 Oktober 2022. Sedangkan di Solo akan berlangsung 18-23 Oktober 2022. Untuk final four hingga final dijadwalkan berjalan di GOR Kimageti, Magetan, Jatim, pada 4 hingga 13 November 2022 mendatang.


Di GOR Sritex Arena Solo, juara bertahan putra, Berlian Bank Jateng, Indomaret, TNI AU, dan Ganevo tergabung di Pul A. Sedangkan di bagian putri,  Popsivo Polwan, Kharisma, TNI AU, dan Wahana Express Grup berada di Pul EE.


Menurut Reginald Nelwan, juara dan runner-up Livoli Divisi Utama 2019, baik putra dan putri, tidak dilakukan pengundian. "Juara 2019 putra dan putri diseeded. Mereka tidak diundi. Begitu pula dengan dua tim promosi dari divisi satu. Yang diundi hanya peringkat tiga sampai enam," ujar Reginald usai memimpin pertemuan virtual.


Tim putri Bank Jatim dan Popsivo Polwan sebagai juara dan runner-up 2019, serta tim putra Berlian Bank Jateng dan Samator sebagai tim unggulan. 


Peringkat satu dan dua Divisi Satu yang promosi ke Divisi Utama antara lain Wahana Express Grup dan Petrokimia di bagian putri. Sedang di bagian putra, Pasundan dan Ganevo.


"Ganevo itu menggantikan Mabes TNI yang mengundurkan diri. Tim putra Mabes TNI harusnya sebagai runner-up yang lolos, Ganevo sebagai peringkat ketiga menggantikan posisi Mabes TNI," ungkap Regi, panggilan akrabnya.


Kompetisi berhadiah total uang pembinaan sebesar Rp 400 juta itu diikuti delapan tim putra dan delapan putri. Peringkat terakhir atau peringkat empat di masing-masing pul, baik putra maupun putri,  di Banyuwangi ataupun Solo akan terkena degradasi ke Divisi Satu.


Sementara untuk peringkat satu dan duanya di Banyuwangi dan Solo akan langsung ke babak final four di Magetan. Seluruh laga akan disiarkan secara langsung di Moji TV dan Vidio.com.


Setiap tim akan mendapatkan subsidi Rp 15 juta di babak reguler. Dan bagi tim yang lolos ke final four juga akan mendapat subsidi Rp 25 juta pertim. "Itu perbedaan lainnya dengan Livoli sebelumnya," pungkas Regi.(Sera-21)****

Komentar

Tampilkan