Menjelang Pemilu 2024, Bawaslu Purwakarta Akan Mengundang Seluruh Ketua Partai Politik

9/15/22, 06:22 WIB Last Updated 2022-09-14T23:22:53Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 




Purwakarta,

Aksaranews.co.id



Untuk menghadapi pemilu 2024 Bawaslu Purwakarta akan mengundang seluruh ketua partai politik menggelar rapat kordinasi pengawasan tahapan pemilu.


“Rencana, Kamis besok kita undang semua pimpinan parpol. Kami harap semua bisa hadir,” kata Komisioner Bawaslu Purwakarta, Oyang Este Binos, Selasa 13 September 2024



Menurutnya, tahapan pemilu 2024 sudah dimulai sejak Juni lalu. Dan saat ini, sedang berlangsung tahapan verifikasi administrasi pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024.


Sejak dini perlu dilakukan pembahasan bersama tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sepanjang tahapan pemilu berlangsung. Sehingga pada waktunya, terbangun kesamaan persepsi antara penyelenggara pemilu, peserta, pemerintah hingga masyarakat.



Para pihak, paham mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Bahkan, tau mana yang harus dicegah jauh hari agar tidak terjadi,” kata Binos.



Selain parpol, Bawaslu juga mengundang para pihak lainnya. Sebut saja KPU sebagai sesama penyelenggara pemilu, pemerintah dari eksekutif, legislatif hingga Kepolisian, Kejaksaan, Kodim 0619 serta Pengadilan Negeri Purwakarta.



Di luar itu kita undang juga perwakilan wartawan, pemantau pemilu, LSM dan Ormas, unsur pemuda serta elemen kampus. Kita ingin, ruangan rakor kita hidup. Penuh semangat dan ide-ide kreatif dalam upaya mengawal bersama Pemilu 2024 yang bersih dan berkualitas, Ujar Binos.



Pemilu dan Pilpres dijadwalkan dilaksanakan 14 Pebruari 2024 sedangkan Pilkada pada bulan November di tahun yang sama.



Tahapan paling dekat selain pendaftaran partai politik ialah pembentukan penyelenggara pemilu adhoc seperti PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan Panwaslu Kecamatan. Lainnnya, pemutakhiran data pemilih dan penataan dapil serta penetapan jumlah kursi legislatif.

(E.Nur)

Komentar

Tampilkan