Ini Cara Yang Dilakukan Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Menumbuhkan Cinta Tanah Air Kepada Siswa-Siswi Di Papua*

8/26/22, 13:27 WIB Last Updated 2022-08-26T06:27:52Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Aksaranews.co.id , Keerom - Untuk menumbuhkan nasionalisme serta rasa cinta tanah air, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Brigif 22/OM Pos Arso Tami melatih siswa-siswi SMP 4 Arso upacara bendera di halaman sekolah di Kampung Arso Tami, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua,  Kamis (25/08/2022). 


Hal tersebut disampaikan Danpos Arso Tami Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Frans Nainggolan dalam keterangannya. 


Danpos mengungkapkan anggota Pos Arso Tami diminta pihak sekolah SMP 4 Arso untuk melatihkan siswa-siswinya upacara bendera. 


"Ini merupakan suatu hal yang sangat baik karena dengan demikian dapat dikatakan keberadaan kami di tempat tersebut mempunyai arti dan bermakna bagi masyarakat sekitar," kata Danpos Arso Tami Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Frans Nainggolan.


"Yang melatih secara langsung yaitu Serda Atibi beserta 10 anggota Pos Arso Tami melaksanakan pelatihan upacara bendera kepada siswa-siswi SMP 4 Arso," imbuhnya.


Tujuan dilaksanakannya kegiatan upacara bendera di antaranya, untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, mempererat rasa persatuan dan kesatuan serta membentuk sikap dan karakter anak bangsa.


Diberbagai wilayah upacara bendera merupakan cara efektif sebagai salah satu cara menumbuhkan nasionalisme, semangat kebangsaan, serta cinta tanah air dan bangsa.


"Upacara jangan dianggap sebagai suatu rutinitas biasa namun harus dimaknai sebagai suatu kegiatan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan, melatih diri untuk berdisiplin serta menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia," terang Danpos Arso Tami Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Frans Nainggolan.


Saat melatih, ditegaskan Serda Atibi bahwa Upacara bendera merupakan salah satu kegiatan penting yang sering dilakukan di sekolah. Umumnya, upacara bendera dilaksanakan pada hari Senin dan hari-hari tertentu, seperti peringatan hari Kemerdekaan Indonesia.


"Latihan pengibaran bendera diberikan agar para siswa-siswi SMPN 4 Arso ini lebih bisa memaknai perjuangan para Pahlawan, yang sebelumnya juga diberi materi wawasan kebangsaan, '' ungkapnya. 


"Kami berharap adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah, di masa yang akan datang nanti dapat menjadi pribadi yang disiplin dan berkarakter,” tutup Serda Atibi.


Sementara itu, Kepala SMP 4 Arso, Bernadus (42) mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Pos Arso Tami  yang telah membantu anak-anak dalam melatihkan upacara bendera.


“Dengan adanya Bapak-bapak TNI dari Pos Arso Tami yang telah mengajarkan secara jelas dan menyenangkan, siswa-siswi kami terlihat lebih cepat mengerti, karena disamping diajarkan teori juga langsung praktek oleh Bapak-bapak TNI,” ucap Bernadus.(Pen Yonif 711/Rks)

Komentar

Tampilkan