Prodi D-IV Relasi Industri Polteknaker Gelar PKM di Cilegon dan Serang, Sosialisasikan JHT dan JKP Dalam Hubungan Industri*

7/30/22, 10:01 WIB Last Updated 2022-07-30T03:01:41Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini





Aksaranew.co.id *, Kampanye Gerakan BANTEN* -  Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan Program Studi (Prodi) D-IV Relasi Industri Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) di Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon dan Kota Serang, Banten, Rabu (27/7/2022).


Untuk PKM di Dinas Tenaga Kerja Kota Serang dipimpin Ketua Program Studi D-IV Relasi Industri Langga Lagandhy, S.H., M.H. Sedangkan PKM di Kota Cilegon Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja Drs. H. Panca N Widodo, M.Si, mengawali dengan membuka acara, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan pengenalan Kampus Politeknik Ketenagakerjaan serta Program Studi (Prodi) Relasi Industri oleh Jarot Marsono, S.E.,M.M sebagai perwakilan dosen. Adapun acara inti diawali dengan pemaparan materi Kebijakan Program Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) oleh dosen Prodi Relasi Industri Eka Saputra S.H., M.H.


Kepada peserta yang merupakan para praktisi hubungan industrial dari perusahaan kawasan industri yang ada di Kota Cilegon, dijelaskan bahwa tujuan pelaksanaan PKM ini untuk mengimbau seluruh tenaga kerja tentang pentingnya menjadi peserta BPJS.

"Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan ini ialah agar seluruh tenaga kerja mengetahui pentingnya menjadi peserta BPJS. Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini akan menimbulkan niatan seluruh industri dalam rangka menyejahterakan para pekerja itu sendiri," kata Plt Kadisnaker Drs. H. Panca N Widodo, M. Si.


Sedangkan perwakilan Prodi Relasi Industri Polteknaker Jarot Marsono, menjelaskan bahwa salah satu tujuan acara ini ialah dalam rangka memenuhi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.


"Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat, maka diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini, dunia industri di Kota Cilegon dapat mengenal Polteknaker dan para lulusannya bisa berkontribusi di bidang ketenagakerjaan," ujar Jarot.  


Kegiatan PKM Prodi D-IV Relasi Industri ini dihadiri oleh sekitar 28 orang sebagai perwakilan perusahaan yang ada di Kota Cilegon dan perwakilan dari BPJS. Antusiasme para peserta terlihat pada kegiatan ini melalui keaktifan dan kekritisannya dalam sesi diskusi terkait dengan materi yang telah disampaikan para nara sumber.


Kegiatan diakhiri dengan penyerahan plakat dari pihak Politeknik Ketenagakerjaan yang diwakili oleh Jarot Marsono S.E., M.M kepada Plt Kadisnaker Kota Cilegon Drs. H. Panca N Widodo, M.Si yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama.


Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para perusahaan patuh terhadap kebijakan mengenai pelaksanaan program JHT dan JKP sehingga para pekerja mendapatkan kepastian mengenai kesejahteraan dan keberlangsungan hidup yang layak pada masa yang akan datang.

Komentar

Tampilkan