Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Kakukan Pendampingan Penanaman dan Perawatan Tanaman Jagung di Perbatasan

5/19/22, 14:47 WIB Last Updated 2022-05-19T07:47:19Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini





Aksaranew.co.id, Sanggau, Kalbar – Guna mendukung ketahanan pangan di wilayah perbatasan Kalimantan Barat, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns melakukan pendampingan penanaman dan perawatan tanaman jagung (Zae Mays) di Dusun Lomour 2, Desa Kenaman, Kec. Sekayam, Kab. Sanggau.


Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau mengatakan kegiatan ini dilakukan oleh 4 orang personel Pos Koki Balaikarangan dipimpin Serda Hidayat pada Kamis (19/05/2022).


Anggota Pos Balaikarangan melaksanakan upaya khusus pendampingan terhadap petani jagung dalam rangka mensukseskan program Pemerintah menuju swasembada pangan. Kegiatan yang dilakukan berupa edukasi mengenai pemeliharaan tanaman jagung berkualitas dilahan jagung Hibrida Bisi 18 seluas 1/2 Ha milik Bapak Komar Bakrie anggota kelompok tani Desa Kenaman, Kec. Sekayam.


Kegiatan pendampingan yang dilaksanakan Babinsa itu sangatlah penting, selain untuk memberikan motivasi para petani juga bertujuan untuk mendukung tercapainya program swasembada pangan nasional, khususnya di wilayah perbatasan Kalimantan Barat, ungkap Dansatgas.


“Disamping itu jika produktivitas ketahanan pangan bisa ditingkatkan maka pendapatan masyarakat perbatasan yang bertani akan meningkat juga dan pastinya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat perbatasan yang bertani.” Tambah Dansatgas.


Di tempat terpisah Danki Balai Karangan Kapten Inf Debri Wahyu., S.ST (Han) mengatakan Edukasi perawatan Zae Mays atau tanaman jagung kepada warga Lomour 2 ini bertujuan untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Lomour 2 Sekaligus Bersilaturrahmi sehingga terjalin komunikasi yang lebih baik antara warga dengan personil Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns.


“Dengan adanya edukasi mengenai perawatan tanaman jagung ini diharapkan dapat menciptakan kemandirian pangan yang akan memperkuat ketahanan rumah tangga masyarakat dan pada ujungnya akan memperkuat ketahanan nasional,”ujar Danki.


Sementara itu Bapak Komar Bakrie merasa senang dan berterima kasih atas edukasi tentang perawatan tanaman jagung yang diberikan oleh Pos Koki Balai Karangan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns sehingga menambah pengetahuan untuk mendapatkan hasil tanaman jagung yang berkualitas.


“Sekali lagi terima kasih bapak-bapak TNI yang sudah melakukan pendampingan kepada kami mulai pembukaan lahan, penanaman sampai dengan perawatan tanaman jagung kami,” ujarnya. (Pen Satgas Pamtas 643).

Komentar

Tampilkan