Malam Solidaritas Warga Maluku Sekitar Batam, Yang ke 205 Mengenang Patimura

5/15/22, 12:13 WIB Last Updated 2022-05-15T05:13:48Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



         Batam ,Aksara news co id..Malam solidaritas warga Malaku Sekota Batam yang ke  205  mengenang Pattimurah, dan halal bil halal 1443 H ,di lapangan  Alun - Alun Engkau Putri pada jam 17.00 wib  Sabtu  15 may 2022. .

            Yang di hadiri Dr Agus Rinimase AP, M.Si ,Selaku Sekda kota Ambon , Kadispar kota Ambon Rustam Hayat ,S.E, M.Si. Kadispar kota Batam Ardiwinata ,ketua DPD  Masaga  Cany Siahaya , pembina DPD Masaga  Amin  Pellu . 

             Perayaan di awali  Antaraksi pawei  obor oleh pemuda pemuda  Maluku  yang berprestasi ,yang berawal dari Pasir Putih Ocarina Batam Center menuju Alun Alun dataran  Engkau Putri ,beberapa jenis taria di tampilkan  diantaranya Tari cake lele TNS, Tari  caka lele Pengawalan bawa obor dan tari canbuk sapu lidi , yang salah satu yang di ikuti wakil wali kota Batam Amsakar Achmad ,Amsakar  Achmad  ikut memukul kan sapu ke Pada  para antraksi . Yang memberikan minyak /  Penawar ke tubuh para antraksi  tradisini di sebut palasa (Baku Pukul Menyapu ) saling memukul sapu lidi pada tubuh antraksi satu sama lain saling gantian . 

            Sehingga memperlihatkan kemeriahan acara dan ikut serta Bend Amandeus turut mengibur para tamu  undangan  khususnya  warga kota Batam yang hadir dalam acara.

        Dr.Agus Rinimase AP.M.Si, sekda kota Ambon mengungkapkan  acara perayaan ulang tahun Pattimura  merupakan sejarah , dimana setiap tahun nya akan di lakukan putra putri  Maluku  untuk mengenang nama pahlawan Pattimurah dengan demikian warga Maluku akan lebih harmonis ,dan mengigat beberapa tahun yang lalu kota  Maluku  sering terjadinya bentrok antar suku.

          Dr.Agus Rinimase berharap warga Maluku di kota Batam dapat memberikan kontribusi dalam membangun kota Batam ,Agus juga menitipkan warga Maluku kepada pemerintahan kota Batam .Agus Rinimase  menambahkan orang Ambon itu filosopinya ibarat pohon sagu  ,diluar hitam di dalam putih , itulah orang Ambon  walau pun orang Ambon hitam sangat tetapi hati nya baik .Dan solidaritas tinggi dan rasa kesetiakawanan nya juga tinggi tutup nya . 

( Austin media)

Komentar

Tampilkan