Program Pusat Keunggulan di SMK Bina Karya Mandiri

4/16/22, 14:38 WIB Last Updated 2022-04-16T07:38:48Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini






Aksaranews. co. id,  SMK Bina Karya Mandiri melaksanakan satu program SMK Pusat Keunggulan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini merupakan salah satu visi Presiden dalam pembenahan pendidikan vokasi sebagai strategi pengembangan SDM Indonesia. 


Progran SMK Pusat Keunggulan bertujuan menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan Dunia Kerja.


Program ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya School Development Program berubah menjadi Center of Excellence dan kemudian terakhir berubah menjadi Program Pusat Keunggulan yang sempat terhenti ditahun 2020 karena pandemi covid.


Menurut Sekretaris SMK Bina Karya Mandiri Andes, Program Pusat Keunggulan sejalan dengan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka yang dimana guru diarahkan untuk membuat sistem pembelajaran yang efektif.


"Ada beberapa persyaratan sebuah SMK untuk dapat mengikuti program pusat keunggulan yaitu minimal lahan sekolah 5000 meter, memiliki minimal 500 siswa, memiliki minimum empat program karya, memiliki lembaga sertifikasi profesi dan menggandeng industri untuk praktik dan pelatihan" ungkapnya.


Andes mengatakan sekolah akan melahirkan alumni yang kompeten, memenuhi standar industri dan sertifikasi profesi


"Untuk saat ini Lembaga sertifikasi profesi SMK Bina Karya Mandiri ada dibawah BNSP"   pungkasnya.


Program pusat keunggulan merupakan bentuk bantuan pemerintah untuk penambahan fasilitas ruangan dan peralatan praktek.


Program pusat keunggulan adalah bentuk niat baik dari pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK.


Diharapkan sekolah akan melahirkan alumni yang kompeten, memenuhi standar industri dan sertifikasi profesi


Sekolah unggulan di arahakan pemerintah sebagai sekolah rujuk yang fasilitas dilengkapi, ini digandeng perlengkapan dan peralatan yang berkualitas.


Sehingga SMK pusat keunggulan dapat menjadi rujukan dan mitra SMK lain yang masih memiliki kekurangan dari segi fasilitas dan peralatan.


Tentunya Program pusat keunggulan akan sebagai bentuk bantuan pemerintah tentu akan di awasi dan memiliki standar pelaporan sebagai bentuk pertanggung jawaban sekolah kepada pemerintah dan masyarakat.


Bentuk pengawasan seperti standar pelaporan dari sistem TAKOLA dan sistem pelaporan SIPLAH- rekanan sekolah di validasi dan terdaftar di dinas pendidikan, maka dinas pendidikan dapat melakukan cross check ke toko-toko untuk validasi dan verifikasi pembelian peralatan sekolah dari dana program pusat keunggulan SMK.


Program ini diharapkan sebagai terobosan sekolah untuk dapat meningkatkan kualitas para guru agar semakin kompeten dan mencetak alumni yang berkualitas.


Saat ini SMK bina karya mandiri memiliki 4 program sesuai minat para siswa untuk membantu masa depan para siswanya


1. Bidik misi untuk melanjutkan kuliah dengan bantuan beasiswa dari pemerintah


2. Program Kelas Industri kerjasama dengan perusahaan industri seperti komatsu dan lainnya agar lulusan SMK Bina Karya Mandiri dapat terserap ke lapangan kerja Industri.


3. Program kedinasan yang bertujuan untuk membantu alumni yang ingin menjadi aparatur negara TNI/Polri.


4. Program SPW yaitu Sekolah Pencetak Wirausaha, alumni yang suka berbisnis kita bantu dari segi jaringan bisnis, skill dan modal untuk menciptakan enterpreneurship baru tidak bertumpu pada adanya lowongan pekerjaan.


"Saat ini SMK Bina Karya Mandiri sudah masuk SK Program Pusat Keunggulan dan tinggal rapat teknis untuk realisasi pelaksanaannya"


"Semoga niat sekolah ini untuk berbenah akan memberikan kepastian kepada masyarakat tentang masa depan anak-anaknya yang di didik di kami dan di amanahkan kepada kami" tutup Andes.

Komentar

Tampilkan