Biasakan Gemar Membaca , Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643 /Wns ajak anaj anak Perbatasan Membaca di Pos Pamtas

1/30/22, 10:37 WIB Last Updated 2022-01-30T03:37:50Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



Aksara News.co.id , Sanggau, Kalbar – Sebagai upaya untuk dapat meningkatkan minat baca bagi anak-anak, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns mengajak anak-anak di perbatasan untuk membaca buku-buku bacaan yang di miliki oleh pos Bantan Satgas Pamtas di Dusun Bantan, Desa Bungkang, Kec. Sekayam, Kab. Sanggau.


Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau. Minggu (30/01/2022).


Dansatgas mengungkapkan buku adalah jendela ilmu pengetahuan. Dengan membaca buku, kita mendapat banyak sekali manfaat. Namun, menumbuhkan rasa gemar membaca buku tidak bisa secara cepat dan perlu proses untuk menumbuhkan rasa gemar membaca buku. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperkenalkan rasa gemar membaca kepada anak-anak sejak dini.


Di ere digital seperti sekarang ini, internet sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, terutama anak-anak. Era digital tidak hanya menimbulkan dampak positif, tetapi juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi anak-anak. Misalnya, anak-anak sekarang lebih memilih untuk bermain dengan gadget mereka daripada membaca buku. Terlebih lagi, selama masa pandemi Covid-19 pemerintah telah menetapkan kebijakan belajar dari rumah yang membuat kegiatan belajar menjadi tidak efektif, ungkap Dansatgas.


“Untuk itu pos Bantan Satgas Pamtas mengajak anak-anak untuk gemar membaca dengan menyediakan buku-buku bacaan di pos agar bisa di baca anak-anak pada setiap ada kesempatan setelah sekolah,” ucap Dansatgas.


Terpisah Danpos Bantan Letda Inf Nanang mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Satgas Pamtas di era digitalisasi ini sudah mulai meninggalkan buku bacaan, padahal buku masih sangat dibutuhkan untuk menambah pengetahuan terutama di daerah yang susah sinyal seperti di wilayah perbatasan sini.


“Dengan membaca buku diharapkan anak-anak  sejak dini dapat gemar membaca,  diharapkan dengan gemar membaca seseorang mendapat  informasi yang dibutuhkan sebagai bekal ilmu menjalani tantangan hidup,” ujar Danpos.


Lisa (9 Th) salah satu anak-anak yang ikut membaca mengaku sangat senang bisa membaca bersama-sama dengan kawan-kawan dan om TNI. Banyak buku bacaan di pos Bantan dan kebanyakan buku baru jadi kami senang bisa menambah ilmu.


“Terima kasih om-om TNI sudah menyediakan buku-buku bacaan buat kami, kami sangat senang sekali,” ujarnya. (Pen Satgas Pamtas 643).

Komentar

Tampilkan