TNI AL Berpartisipasi Aktif  Dalam Kegiatan  International Seapower Symposium 2021 di Amerika

9/18/21, 19:17 WIB Last Updated 2021-09-18T12:18:13Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 




AKSARANEWS.COMID.Jakarta - 

TNI Angkatan Laut (TNI AL) selalu berpartisipasi aktif dalam kegiatan International Seapower Symposium (ISS), tidak hanya   menghadiri saja tetapi juga sebagai pembicara dalam kegiatan ISS tahun  2021 yang dilaksanakan di  Newport, Rhode Island Amerika Serikat dari tanggal 14 sampai dengan 17 September 2021 lalu. Keikutsertaan TNI AL aktif dalam kegiatan ISS ini sebagai wujud komitmen melaksanakan salah satu  peran TNI AL  yang diamanatkan Undang-Undang yaitu melaksanakan diplomasi Angkatan Laut atau Naval Diplomacy. 


Kegiatan ISS ini adalah agenda 2 tahunan. Forum yang dihadiri para pemimpin Angkatan Laut dunia dan telah dilaksanakan sejak tahun 1969 ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama maritim baik ditingkat regional dan global dengan menyatukan pandangan para pemimpin Angkatan Laut dan akademisi terkemuka di dunia dengan berdiskusi, bertukar pikiran dan pengalaman. 


TNI AL mengirimkan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., sebagai Ketua Delegasi sekaligus sebagai narasumber atau pembicara di ISS ke 24 ini. 


Kegiatan yang mengusung tema “International Security Implications of Climate Change” ini dihadiri  secara langsung oleh 103 pemimpin Angkatan Laut, sementara 30 peserta lainnya mengikuti secara virtual dengan materi secara umum mengenai dampak perubahan iklim di dunia yang akan membawa suatu perubahan secara langsung maupun tidak langsung dalam tatanan kehidupan umat manusia yang mencakup bukan hanya bidang keamanan semata namun juga berdampak pada bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Umat manusia tidak akan bisa menghindarinya tetapi harus siap menghadapi dampak perubahannya tersebut. 


Kehadiran TNI AL dalam event internasional ini mendapat apresiasi dari para peserta lainnya. Terbukti sejak awal kegiatan di hari pertama para pemimpin Angkatan Laut dari berbagai negara dan pejabat pemerintahan di Amerika telah *mengagendakan pertemuan* bilateral dengan  delegasi TNI AL.(PR/Sera-21)****

Komentar

Tampilkan