Bipati Sambas Dampingi Pangdam XII/TPR Kunker Tinjau Serbuan Vaksinasi

6/23/21, 19:35 WIB Last Updated 2021-06-23T12:35:02Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Rabu, 23 Juni 2021


Sambas, Aksaranews.co.id-  Bupati Kabupaten Sambas, H. Satono mendampingi  Pangdam XII/ TPR, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad melakukan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Sambas dalam Rangka Meninjau pelaksanaan  Serbuan Vaksinasi di aula Hotel Pantura dan Peninjauan Desa PPKM Mikro di Desa Tumuk Manggis Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Kalbar, Rabu, ( 23/ 6/ 2021).


Dalam Kunjungan Kerjanya Pelaksanaan Serbuan Vaksinasi,  Pangdam XII/ TPR, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad didampingi Kolonel Ckm dr. Noerjanto Rahardjo, Sp.PD., FINASIM., Adc Pangdam XII/TPR Serda Yudi Sugiharto,

Anggota Pendam XII/ Tpr, Sertu Ifan.


Dan disambut oleh, Bupati Sambas, H. Satono S.Sos.i.MH, Ketua DPRD Kab Sambas, Ir. H. Abu Bakar M.Si, Dandim1208 Sambas, Letkol Inf Setyo Budiyono  S.H M.Tr ( Han ), Dan Yonif 645/ GTY, Letkol Khusnun Dwi P, Waka Polres Sambas, Kompol Rikki Praditiningrat, KaJari Sambas, Ichwan Effendi, Sekda Sambas, Ir. Ferry Madagaskar M.Si, KadinKes Sambas, dr. Fatah Mayuani, Ka Pengadilan Negeri Sambas, Ka Pengadilan Agama Sambas, Para ASN dan Honorer Pemda Sambas.


Peserta Vaksinasi Covid-19  Melalui Tahapan-tahapan, seperti :


 1). Tahap I ( Pendaftaran ), dengan kegiatan peserta sbb :

   - Peserta menunjukan KTP dan KK

   - Verifikasi data dilakukan dengan menggunakan aplikasi P-Care.

 2). Tahap II ( Skrining dan Vaksinasi), dengan kegiatan sbb :

  - Petugas Kesehatan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi penyerta (komorbid).

  - Skrining dilakukan dengan aplikasi Pcare.

  - Sasaran yang dinyatakan Layak divaksinasi mengisi informed consent.

  - Petugas memberikan vaksinasi secara intra muskular sesuai prinsip penyuntikan aman.

  - Petugas memasukkan nama vaksin dan nomor batch vaksin yang diberikan kepada sasaran pada aplikasi Pcare.

 3). Tahap III ( Pencatatan dan Observasi ), dengan kegiatan sbb :

  - Petugas mencatat hasil pelayanan vaksinasi ke dalam Aplikasi PCare.

  - Sasaran diobservasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI.

  - Petugas memberikan penyuluhan singkat tentang 5M dan vaksinasi Covid-19.


Setelah Melakukan Vaksinasi, Peserta mendapatkan kartu vaksinasi elektronik, Pemberian Sembako  oleh Pangdam XII/Tpr dari Kodim 1208/ Sambas kepada peserta yang telah melaksanakan vaksin.


Vaksin yang di gunakan jenis Vaksin Covax Astrazeneca ( Italy ) dengan Sasaran Vaksin,  450 Vaksinasi.


Setelah Melakukan Peninjauan Serbuan Vaksinasi, Pangdam XII/ TPR melaksanakan Peninjauan Desa PPKM Mikro, RT 04/ RW 02, Dusun Timur, Desa Tumuk Manggis, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, dan  disambut oleh Kades Tumuk Manggis, Najamudin, 

Para Danramil jajaran Kodim 1208/ Sambas dan perwakilan para Babinsa, Perangkat Desa, Anggota PPKM Mikro.


Pangdam XII TPR, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam pengarahannya Mengucapkan terimakasih kepada Kades yang telah melaksanakan penanganan Covid-19 di desa dengan bahu membahu bekerjasama dalam Tiga Pilar. Selalu menerapkan 5 M di dalam kehidupan sehari- hari di dalam masyarakat, Selalu melaksanakan Tracing, Update data dan Treatment kepada masyarakat yang terkonfirmasi, lakukan penyembuhan dengan secara persuasif dengan motivasi agar imun meningkat.ungkap Pangdam.


Persiapkan segala sesuatu apabila ada masyarakat yang terkonfirmasi, Lakukan Swab kepada pendatang, lakukan Vaksinasi ditempat kerumunan seperti di Hotel, Pasar, karyawan perusahaan dan perkantoran, sekolah, serta Cafe- cafe yang sering banyak pemuda yang berkumpul. 


Mudahan dengan program Sejuta Vaksin dari Pemerintah Pusat bisa cepat menurunkan dan menghapus  pandemi Covid-19 di Kabupaten Sambas dan Indonesia pada umumnya, Ungkap Pangdam.


Bupati Sambas, H. Satono, Menambahkan, Sangat berterimakasih dengan adanya PPKM Mikro yang didorong oleh pihak TNI, Hari ini akan dilaksanakan vaksinasi maksimal mungkin di seluruh kecamatan di Kabupaten Sambas, apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kades yang telah bekerjasama dalam mensosialisasikan Prokes Covid-19 kepada lapisan masyarakat.


Mudahan dengan atensi yang diberikan Bapak Pangdam XII/ TPR masyarakat semakin semangat dan tidak takut untuk di Vaksin, Ungkap Satono.


(Rai)

Komentar

Tampilkan