Iklan

Polemik Demokrat menaikan elektabilitas Partai Demokrat di pemilu 2024

4/02/21, 23:48 WIB Last Updated 2021-04-02T16:49:27Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 




Aksara news.co.id - Keputusan pemerintah melalui Menteri Hukum dan HAM ( Menkumham ) Yasonna Laoly yang menolak mengesahkan kepengurusan DPP Partai Demokrat periode 2021-2025  hasil KLB  Partai Demokrat membawa energi positif bagi harmonisasi dan demokrasi di Indonesia. 



Keputusan tersebut menepis tudingan bahwa pemerintah  selama ini mendukung KLB Demokrat dengan ketua umum Moeldoko.


Pemerintah menunjukan sikap netral berdasarkan data-data dan hukum yang ada. 


Sejumlah  dokumen yang belum lengkap diantaranya   perwakilan dewan perwakilan  daerah dan dewan perwakilan cabang yang tidak disertai mandat oleh Ketua DPD dan DPC. Hal tersebut sebagaimana diatur oleh AD/ART.



Masyarakat dapat mengapresiasi kepetusan pemerintah karena jika KLB Demokrat di sahkan dapat mengancam keberlangsungan iklim partai politik yang sehat. Jangan ada lagi KLB KLB berikutnya di partai politik lain. Kita menginginkan derajat otonomi parpol yang kuat tanpa intervensi kekuasaan. 


Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) masih merupakan Ketua Umum Demokrat yang sah merujuk SK Menteri Hukum dan HAM tahun 2020, sedangkan Moeldoko Ketua umum hasil KLB Deli Serdang, Sumatera Utara dinyatakan tidak sah.


Namun ada beberapa catatan  untuk AHY  dalam menjaga harmonisasi partai Demokrat kedepan. 


AHY harus lebih inovatif dan adaptif dalam mengembangkan sistem kepartaian. AHY juga harus pawai dalam mengelola konflik internal partai. Ini tidak mudah , management konflik harus dikuasai AHY sebagai seorang pemimpin. AHY dapat bersikap bijak,  merangkul dan menerima kembali kader-kader partai yang membelot pada KLB Deli Serdang. Termasuk Marzuki Ali yang kabarnya mengapresiasi keputusan pemerintah, padahal beliau salah satu mantan sekretaris jenderal Partai Demokrat yang menghadiri KLB di Deli Serdang, Sumatera Utara. 


Jalan panjang politik AHY kedepan masih panjang, apabila AHY mampu mereformasi manajemen partai dengan baik bukan tidak mungkin partai Demokrat akan kembali mengulang  prestasinya seperti di tahun 2009, menjadi pemenang pemilu. Tantangan AHY kedepan bagaimana menaikan elektabilitas Partai Demokrat dalam momentum pemilu 2024. 



Ike Suharjo



Direktur Eksekutif Candidate Center

Komentar

Tampilkan

Terkini