Danrem Dampingi Pangdam Dalam Latihan Basarnas

2/01/21, 17:41 WIB Last Updated 2021-02-01T10:41:46Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



AksaraNews.co.id - Cimalaka Sumedang. Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto,S.I.P., M.M.,Q.I.A., didampingi Danrem 062 /Tn Kolonel Inf Muhamad Muchidin,S.Sos menghadiri acara pembukaan latihan potensi Sar Basarnas dengan Kodam III/Siliwangi sekaligus kegiatan vicon rapat taklimat awal pemeriksaan BPK RI atas laporan keuangan Kemenhan Tahun 2020 di U.O TNI AD di  Yonif R 301/Pks Senin 01/02/2021


Acara diawali dengan penghormatan dipimpin oleh perwira yang ditunjuk kepada pimpinan acara, laporan perwira yang ditunjuk kepada pimpinan acara. 


Sambutan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M.,Q.I.A menyampaikan

Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan 

latihan Potensi SAR Kodam III/Siliwangi kerjasama dengan Basarnas TA. 2021, sebagai salah satu upaya membentuk dan melatih kader Potensi SAR Kodam III/Siliwangi yang siap untuk terjun melaksanakan tugas-tugas search and rescue

(pencarian dan pertolongan), 

sekaligus juga membina soliditas dan keterpaduan antara potensi SAR Kodam III/Siliwangi dengan Basarnas dalam melakukan tugas-tugas pencarian dan penyelamatan korban.


Saya tekankan Kepada para Peserta Latihan agar diikuti dengan penuh semangat, disiplin dan rasa tanggung jawab. Semua materi yang disampaikan hendaknya bisa diserap dengan sebaik-baiknya dan serius, 

kepada para Panitia penyelenggara, pelatih dan instruktur, saya percayakan para prajurit Kodam III/Siliwangi untuk dididik dan dilatih materi SAR sesuai dengan program yang telah ditetapkan. namun tetap menjaga faktor keamanan dan menerapkan protokol kesehatan.


Dilanjutkan sambutan Deputi Basarnas Bapak Hari. B menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Pangdam III/Siliwangi yang masih menyempatkan diri menghadiri acara pembukaan latihan potensi Sar Basarnas di Mako Yonif R 301/Pks.


Beberapa waktu yang lalu, wilayah Indonesia khususnya di Mamuju Sulbar dilanda bencana gempa bumi banyak kerugian personil dan materil.


Perlu juga ada komunikasi  dan koordinasi yang baik maka pertolongan  pada saat dimana kita semua harus melakukan pencegahan dan kesiapsiagaan  Basarnas banyak yang dilibatkan untuk pencarian dan pertolongan sesungguhnya merupakan kegiatan kemanusiaan yang menjadi tanggungjawab semua pihak.


Namun secara kelembagaan tugas ini menjadi leading sector dan domain dari Basarnas bersama dengan potensi SAR yang ada.  Secara organisasi Kodam III/Siliwangi juga menjadi bagian dari Potensi SAR Basarnas yang terlibat dalam tugas-tugas operasi SAR yang dilaksanakan Basarnas, khususnya yang terjadi di wilayah Kodam III/Siliwangi.


Dalam latihan ini para peserta akan dibekali pengetahuan dan keterampilan diantaranya kemampuan dalam Teknik resusitasi jantung paru, Pemindahan korban, Teknik pertolongan air, Defends dan release, 

Teknik towl/carry, serta berbagai metode dan teknik yang diperlukan dalam melakukan tugas operasi SAR.


Sesuai tema yang diangkat dalam latihan yaitu melalui pelatihan potensi SAR kita tingkatkan kemampuan soliditas dalam melaksanakan pencarian dan pertolongan secara profesional Sinergi dan militan.


Diakhir acara silanjutkan kegiatan vicon rapat taklimat awal pemeriksaan BPK RI atas laporan keuangan Kemenhan.


Turut hadir pada acara tersebut diantaranya  Asintel Kasdam III/SLW, Asops Kasdam III/SLW, Aster Kasdam III/SLW, KahubdamIII/SLW, Kapaldam III/SLW, Kakesdam III/SLW

Wakabekang III/SLW,  Dandim 0610/Sumedang,  Danyonif R 301/PKS, Kapolres Sumedang, Bupati Sumedang (Penrem 062/Tn).

Komentar

Tampilkan