Iklan

Ketua Umum PP Pertina Komaruddin Simanjuntak Bertekad Mengembalikan Kejayaan Tinju Amatir Indonesia

2/18/21, 20:55 WIB Last Updated 2021-02-18T13:56:20Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



AKSARANEWS.CO.ID. JAKARTA-  Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman meminta Pertina bergerak cepat melakukan pembinaan. Marciano Norman berharap PP Pertina di bawah pimpinan Komaruddin Simanjuntak mampu mengembalikan kejayaan tinju di kancah nasional dan internasional.




Hal tersebut dikemukakannya dalam sambutannya pada pelantikan Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina) untuk periode 2021-2025 di Gedung KONI, Senayan Jakarta, Kamis (18/2). 

Sejarah mencatattinju amatir Indonesia pernah berjaya di era 1970 dan 80-an. Nama-nama besar seperti Syamsul Anwar Harap, Ellyas Pical, Albert Papilaya, Pino Bahari dan La Paena Masara pernah mengharumkan bangsa Indonesia di ring tinju.

PP Pertina, menurut mantan Kepala BIN itu harus bergerak cepat menyiapkan atlet karena banyak kejuaraan internasional yang bakal dihadapi mulai level Asia Tenggara, Asia, sampai dunia.

"Di depan mata ada sejumlah agenda besar seperti SEA Games, Asian Games dan Olimpiade. Saya berharap momen ini bisa dijadikan kebangkitan tinju amatir Indonesia," tutur Marciano Norman saat melantik PP Pertina pimpinan Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak di Jakarta, Kamis 18 Februari 2021.

Lebih lanjut dikatakan Pertina juga harus menjalankan instruksi Menpora yaitu mengembangkan sport science, sport industry dan sport tourism.

Tentu menurutnya semua itu harus diawali dengan pembinaan yang matang dan berkesinambungan. KONI Pusat juga meminta PP Pertina mengawal Pekan Olahraga Nasonal (PON) Papua akhir tahun ini.

Sementara itu Ketua Umum PP Pertina Komaruddin Simanjuntak bertekad mengembalikan kejayaan tinju amatir di Indonesia. Menurutnya masyarakat sudah kangen dengan dunia tinju amatir Indonesia.

"Kini saatnya kita harus mengembalikan era emas itu. Makanya kami merangkul semua pihaknya untuk bersama-sama memajukan tinju Indonesia," kata Komaruddin Simanjuntak usai dilantik.

Selain mengembalikan petinju amatir mulai usai dini, Komarudin juga mengatakan mengedepankan 5 visi dalam pembinaan tinju nasional.

Dia menyebut pembenahan organisasi, sarana dan prasaran, pembinaan usia dini, menambah frekuensi pertandingan minimal 15 kali dalam setahun dan sport science.

"Kami juga bakal mengembangkan sport tourism. Bahkan kami juga sudah mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata," kata mantan Pangdam Udayana itu.

Menurutnya dia sudah bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Komaruddin menyampaikan gagasannya soal Boxing and Tourism.

"Respon pak menteri sangat positif. Beliau minta 10 destinasi yang akan dijadikan arena boxing and tourism. Jadi kami akan menggelar turnamen tinju sekaligus membangkitkan pariwasata di daerah tersebut," jelas Komaruddin.

"Ini salah satu upaya untuk mendukung pariwisata sekaligus untuk memberi kesempatan petinju amatir untuk unjuk kemampuan," dia menambahkan (Sera-21)****

Komentar

Tampilkan

Terkini