Iklan

SI Krisis Air Bersih Di Kapal

2/14/21, 08:41 WIB Last Updated 2021-02-14T01:51:57Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Aksaranews.co.id

Bunati 14 Feb 2021.

Apa yg terjadi di atas sebuah kapal yang sedang beroperasi baik sedang berlayar di tengah laut ataupun di dermaga dalam proses bongkar muat.



Namun di SI 19 salah satu kapal yang beroperasi mengangkut batubara dari daerah kalimantan selatan menuju pelabuhan Cilacap selalu terjadi krisis air bersih.




Hal ini kami duga ada kesalahan dari pihak managemen SAS sebagai pemilik kapal atau kami duga juga kesalahan managrmen di atas kapal SI 19 .



Namun dari pengamatan kami di lapangan serta dari in fo yang kami temukan di lapangan hal sudah menjadi kendala besar  baik buat crew SI 19 dan juga buat buruh yang sedang melakukan bongkar muat batubara.Setelah melakan tugas di atas kapal sebagai crew  atau sebagai buruh butuh air untuk membersihksn badan ataupun yang lain nya.

Namun semua sangat sulit untuk dilakuakan karena sangat terbatas nya air.bahkan untuk BAB pun sudah tidak ada air.karena yang tersedia di atas kapal yang berbobot 40 ribu ton hanya tersedia air beberapa drum saja di setiap lantai kpl yang haras dibgunakan puluhan orang.

Hal ini sangat tidak nyaman dan sudah mengganggu kesehatan.

Karena setiap orang sudah tidak bisa mandi dan bab bahkan untuk ibadahpun bagi yang muslim sangat sulit karena terbatas air.

Kekurangan ait di atas kpl merupakan pelanggaran aturan apabila ada unsur kesengajaan atau kesalahan management.

Semua crew sudah bertanya namun tidak dapat jawaban yang memuasakan namun setiap hari tetap hal ini terjadi.

Utama demi kesehatan semua orang yang berada di atas kapal hal kekurangan air tidak boleh terjadi.

Air tawar juga di gunakan untuk pendingin mesin.

Apa hal ini terjadi karena kelalalian atau ada hal lain yang menyebabkan terjadi  kekurangan air. 

Apa bila hal ini tetjadi karana kenerngajaan atau pun keslahan managemen serta kesalahan  pelaksana di lapangan  dapat di kategorikan pelanggran aturan yang ada.kpl berlayar harus cukup air tawar bahan makanan dan bbm serta yang lain nya.

Yg lebih prioritas untuk kesehatan apa saat ini lagi situasi lagi ganas Covid 19.

Tidak boleh ini terjadi  semoga pihak yang berkompeten mengenai hal ini harus sangat memperhatikan.kusus nya dari pihak yang memberikan ijin berlayar  atau pihak karantina dan lain sebagai nya. Semoga pihak yang bertanggung jawab dengan hal ini segera menindaknlanjuti  sesuai aturan dalam dunia maritim.(jhs)

Komentar

Tampilkan

Terkini