Iklan

Masjid Gang Bengkok Medan

12/20/20, 16:37 WIB Last Updated 2020-12-20T09:37:27Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Tjong A Fie, Penganut Khonghucu Yang Membangun Mesjid Kebanggaan Kota Medan



Medan , Aksaranewd.co.id - Dibangun pada akhir abad ke 19, Mesjid yang terletak di pusat kota tersebut, merupakan satu mesjid yang menjadi kebanggaan bagi kaum muslim di Medan. Rumah ibadah ini dinamakan Mesjid Lama Gang Bengkok karena merupakan satu mesjid tua yang posisinya berada di depan jalan menikung.


Tjong A Fie (1860 - 1921) adalah seorang kaya raya yang sangat dermawan dan merupakan pimpinan orang Tionghoa di Medan. Beliau sangat harum namanya, karena memiliki jasa luar biasa terhadap banyak hal. 


Tjong A Fie membangun sekolah dan rumah sakit bagi orang2 tak mampu (tentu saja gratis). Beliau juga membangun Mesjid2, Klenteng2, Gereja2, juga Kuil2 Hindu. Sungguh, merupakan kekayaan yang dirasakan manfaatnya oleh semua pihak. 


Kota Medan sesak padat, saat beliau meninggal dan hendak dimakamkan. Hotel dan penginapan penuh, satu apresiasi nyata dari rasa kehilangan luar biasa yang tak hanya dirasakan penduduk Medan, tapi juga oleh pengagum dan orang2 luar kota Medan yang sangat menghormati beliau, mereka juga berdatangan  dari luar pulau Sumatra.


Kita, bangsa Indonesia, pernah memiliki putra besar dari kota Medan bernama Tjong A Fie. Adakah jasa2 besar beliau telah kita apresiasi?


Adakah umat Islam yang khusyuk shalat berjamaah (tampak pada foto), mengetahui jika tempat ibadahnya dibangun oleh seorang Khonghucu?


Inilah wujud Indonesia yang agung, dimana disitu ada terimplementasikan rasa saling memperhatikan dan menyayangi diantara sesama anak bangsanya. Indonesia yang bersaudara, saudara yang lahir dari kandungan yang sama, yakni Ibu Pertiwi.(*)




Komentar

Tampilkan

Terkini