Iklan

Begitu Damai Begitu Indah Betlehem.

12/26/20, 06:32 WIB Last Updated 2020-12-25T23:38:06Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



AKSARANEWS.CO.ID. Betlehem di suatu pagi yang cerah. Aku tiba di tanah Palestina untuk melihat Kandang Domba tempat Isa dilahirkan oleh Siti Mariam. Tempat ini telah dibangun oleh Konstantin Agung pada 330 M menjadi Gereja Kelahiran (Gereja Nativity) dan menjadi gereja tertua di dunia. 


Tahun 637 Palestina yang dikuasai Romawi berhasil ditaklukan Pasukan Umar bin Khatab. Setelah Walikota Yerussalem menyerahkan kekuasaannya, Umar mendatangi Betlehem yang berjarak 10 km dari Yerussalem. 


Kedatangan Umar ke kota yang penduduknya mayoritas Nasrani ini untuk mensosialisasikan Perjanjian Yerussalem yang baru ditandatanganinya dengan Walikota Yerussalem, yang isinya menjamin keselamatan semua umat Nasrani, termasuk rumah ibadahnya.


Namun saat waktu shalat tiba, Umar menolak tawaran untuk shalat di dalam Gereja Nativity dan memilih shalat di lapangan di depannya. Umar khawatir jika ia shalat di dalam gereja, para pengikutnya akan menjadikan gereja itu sebagai masjid. Hal yang sama ia lakukan di Yerussalem saat walikota menawarkan Umar agar sholat di gereja Bukit Golgota.


Lalu, lapangan bekas tempat sholat Umar itu dijadikan mesjid, dengan nama Mesjid Umar bin Khatab oleh Sultan Afdhal di tahun 1193. Tanah tempat mesjid itu berdiri adalah pemberian Gereja Kristen Ortodoks Yunani. Hingga kini gereja dan mesjid itu masih berdiri kokoh.


Jadi, jika dirimu berdiri di pintu Gereja Kelahiran dirimu akan melihat pintu Mesjid Umar dan begitu sebaliknya. Saat azan berkumandang jemaat di Gereja Kelahiran pun mendengarkannya. Sebaliknya, saat lonceng gereja berdentang, para jemaah Mesjid Umar mendengarnya. Begitu damai. Begitu indah Betlehem. 


Aku beruntung bisa tiba di Betlehem....Aku beruntung bisa menjelajahi Kandang Domba tempat Isa dilahirkan.


Selamat Natal 2020 bagi yang merayakannya. Salam Damai.****


Penulis : Neta S Pane

Komentar

Tampilkan

Terkini