Iklan

Pangdam XII Tpr Sidang Panlih Cata PK Siapkan Komponen Pertahanan TNI AD Hadapi Perkembangan Situasi Global

11/07/20, 18:18 WIB Last Updated 2020-11-07T11:19:01Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



AksaraNews.co.id - Singkawang, Sabtu (7/11/20) - Untuk memilih calon-calon prajurit terbaik, Panglima Kodam XII/Tanjungpura memimpin Sidang Pemilihan Tingkat Pusat Penerimaan Tamtama Prajurit Karier (PK) TNI AD Gelombang II TA. 2020 Subpanpus Kodam XII/Tpr. Sidang Panlih berlangsung di Gedung Sport Center Dodik Bela Negara Rindam XII/Tpr, Kota Singkawang.


Turut hadir dalam Sidang Panlih  Penerimaan Tamtama PK TNI AD Gelombang II TA. 2020 tersebut, antara lain Danrindam XII/Tpr, Aspers Kasdam XII/Tpr dan Tim Subpanpus dari Mabesad.


Dalam sambutannnya, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, pelaksanaan kegiatan penerimaan Cata PK TNI AD Gel. II TA. 2020 ini cukup berat

dan memiliki resiko yang tinggi terhadap kemungkinan penyebaran dan penularan virus corona (Covid 19). 


Namun demikian, kata Pangdam sebagai insan prajurit, kita juga harus menyadari bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bagian tugas pokok yang harus dilaksanakan dalam rangka menyiapkan komponen kekuatan pertahanan sehingga TNI AD senantiasa siap operasional guna menghadapi segala kemungkinan perkembangan situasi global.


"Selaku Ketua Pantia pusat saya sangat berharap agar kegiatan ini dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk memilih calon yang berkualitas sehingga Calon Tamtama yang terpilih adalah benar-benar sesuai dengan kriteria yang diharapkan," tegas Pangdam saat membacakan sambutan Aspers Kasad, Mayjen TNI TNI Mulyo Aji.


Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga menyampaikan, semua pasti menyadari bahwa selama pelaksanaan seleksi ini masih banyak ditemukan

berbagai kelemahan atau kekurangan dalam metode pemeriksaan dan pengujian yang telah dilaksanakan. 


"Untuk itu diharapkan agar masing-masing bagian melaksanakan evaluasi sehingga kegiatan

penerimaan prajurit yang akan datang

dapat berjalan lebih baik lagi," harap mantan Aspam Kasad.


Dalam kesempatan tersebut Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan beberapa penekanan diantaranya, agar laksanakan Sidang Panlih secara efektif guna mengurangi risiko terhadap penyebaran Covid-19, melaksanakan pemilihan dengan teliti dan cermat sehingga calon yang terpilih adalah benar-benar berkualitas dan memenuhi persyaratan. 


"Berikan penjelasan kepada calon yang tidak lulus dengan baik sebagai bahan evaluasi yang bersangkutan untuk perbaikan bila ikut seleksi kembali. Serta berikan penekanan kepada calon yang lulus untuk menjaga kesehatan sampai dengan pelaksanaan pembukaan pendidikan," pesan Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.


Sedangkan Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., mengatakan, sidang tingkat pusat ini diikuti sebanyak 449 pemuda terbaik dari wilayah Kodam XII/Tpr. Dalam hal ini Kodam XII/Tpr melaksanakan kampanye penerimaan prajurit TNI AD sepanjang tahun di wilayah Kalbar dan Kalteng.


Lanjut Kapendam mengatakan, mereka yang dinyatakan lulus pada Sidang Panlih tingkat pusat ini selanjutnya akan mengikuti pendidikan di Dodik Secata Rindam XII/Tpr.


"Pendidikan rencananya akan dibuka pada tanggal 23 Nopember 2020 mendatang. Selama 5 bulan mereka akan digembleng untuk menjadi prajurit Tamtama," pungkas Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos. (Pendam XII/Tpr)

Komentar

Tampilkan

Terkini