Iklan

Pipa Gas Milik PT Pertamina Bocor Lagi DiCabang Bungin Kab Bekasi

10/30/20, 09:48 WIB Last Updated 2020-10-30T02:48:39Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



AksaraNews.co.id - Kabupaten Bekasi . Pipa Line milik PT Pertamina EP Asset 3 Tambun Field yang berada di tengah area persawahan kembali mengalami kebocoran. Tepatnya di kampung penyabungan cabangdua RT 11/04, Desa Lenggahsari, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, pada Kamis, 29/10/2020.


Dengan ada nya kejadian tersebut ,  masyarakat setempat mulai merasakan adanya kekhawatiran terkait hal tersebut, pasalnya kebocoran pipa gas ini terhitung sudah yang ke lima kalinya, dan penanggulangan terkait bocornya pipa terkesan tidak serius.  


Tabroni (42) warga kampung penyabungan cabangdua mengatakan, sering kali bocornya pipa gas pertamina kemungkinan besar dalam melakukan pemendamanya terlalu dangkal, yang mana memang pada faktanya pipa tersebut berada di kedalaman rata rata 40 cm bahkan, menurutnya ada pipa yang tidak di pendam sama sekali,


“Harapan kami agar Pertamina lebih serius lagi dalam penanggulangan pipa bocor yang berulang-ulang, jangan membuat kami terus ketakutan,” ujar Tabroni.


Menanggapi hal tersebut, Samsul Rizal, Ketua Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK-KNPI) Kecamatan Cabangbungin angkat bicara, kembali bocornya pipa gas saat ini adalah kelalaian dari pihak Pertamina, dikatakannya, mestinya Pertamina harus lebih teliti dan seksama dalam penanggulannya,


“ini kejadian serius, kok pipa bocor sampai berulang-ulang? Infrastrukturnya gimana, Pertamina kan BUMN, masa kerjaannya begitu. Terus, di titik lokasi bocornya pipa tidak ada media pemberitahuan terkait kebocoran pipa gas,” papar Samsul.


“Selain memperbaiki kebocoran pipa, pertamina juga harus bisa menjelaskan kepada warga agar tidak lagi khawatir terhadap dampak negatif akan hal tersebut,” cetusnya.


Samsul juga menambahkan, menurutnya pemasangan pipa berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) Pertambangan dan Energi Nomor 300.K/38/M.PE/1997, tentang Keselamatan Kerja Pipa Penyalur Minyak dan Gas Bumi menjadi dasar pembangunan instalasi pipa distribusi tepat, bila terjadi kebocoran pipa ,maka harus di tinjau peraturan standar pemasangan pipa ,apabila Di temukan tidak sesuai dalam pekerjaan ini jelas melanggar peraturan.  (*)

Komentar

Tampilkan

Terkini