Iklan

Gedung PGRI Dialihfungsikan Menjadi Kantor Satpas SIM Wilayah Tambun

9/18/20, 19:22 WIB Last Updated 2020-09-18T12:22:52Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



Aksaranews.co.id -  Kabupaten Bekasi -  Polres Metro Bekasi resmi membuka Kantor Satuan Penyelenggaraan Administrasi (Satpas) Surat Izin Mengemudi (SIM) di wilayah Tambun Selatan kabupaten Bekasi, Jumat (18/9/2020).


Kantor Satpas SIM tersebut yang menggunakan Gedung PGRI Tambun terletak di kawasan Metland Tambun, Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi,dalam peresmian tersebut nampak dihadiri Drilantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo, yang hadir pada peluncuran awal kantor cabang satpas tersebut.


Di Satpas ini nanti masyarakat dapat membuat SIM baru atau memperpanjang masa berlaku SIM yang telah ada. Sehingga, masyarakat yang berdomisili di Tambun dan sekitarnya tak perlu lagi jauh-jauh mengurus ke Satpas SIM di Deltamas, Cikarang Pusat.


"Kami menyambut baik dengan adanya satpas ini, yang pertama dari Polres Metro Bekasi mendekatkan pelayanan kepada masyarakat karena di Tambun ada ratusan penduduk," ucap Kombes Sambodo kepada wartawan, Jumat (19/8). 


"Kedua, saat pandemi pelayanan masyarakat harus menjaga physical distancing, ini sangat membantu mengurangi pemngunjung satpas sebelumnya di deltamas dan mudah-mudah lebih mudah untuk mendapatkan SIM baru dan mendapatkan perpanjangan," harap dia.


Kantor Satpas SIM Tambun ini berkapasitas 200 orang pemohon atau dua-pertiga dari daya tampung Satpas SIM Cikarang. Di sini terdapat pula tempat praktik untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Satlantas tengah menyiapkan medan tanjakan dan turunan bagi uji praktik kendaraan roda empat.


Sementara itu Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan, menjelaskan pihaknya tengah mempersiapkan fasilitas, sumber daya manusia, prosedur standar operasional, dan protokol kesehatan di tempat itu.


"Apalagi pandemi covid-19 ini luar biasa. Pelayanan satpas ini selain memberika  kenyamanan, ketertiban, dan kemudahan juga memerhatikan protokol kesehatan sehingga dapat berjalan dengan baik dan sehat," kata dia.


Hendra mengakui penyediaan kantor Satpas SIM Tambun ini untuk mengurangi pemohon di kantor Satpas SIM Deltamas yang sehari dapat melayani hingga 400 pemohon.


"Kita batasi untuk jumlah pemohon. Kalau tidak sesuai kapasitas, kita akan batasi. Kalau mampu, maka kita akan layani," ucap polisi berpangkat melati tiga ini.


Ruang tunggu mampu menampung 150 pemohon, dengan catatan bangku sudah diberi jarak sesuai protokol kesehatan. Kemudian alur permohonan SIM baru dan SIM perpanjangan dibuat secara terpisah (one way), sehingga tak ada potensi penumpukan pemohon di satu jalur.


Mengenai kapan Satpas SIM Tambun ini beroperasi, dia memastikan akan secepatnya dan akan melayani setiap pemohon maupun warga yang akan memperpanjang surat ijin mengemu,di(Eman)

Komentar

Tampilkan

Terkini