Iklan

Antisipasi Covid 19 Kodim 1208 Sbs Lakukan Pemerimsaan PMI Si PLBN Aruk

9/27/20, 20:23 WIB Last Updated 2020-09-27T13:23:17Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



AksaraNews.co.id - Sambas, Minggu (27/9/20) - Gelombang kepulangan Pekerja Imigran Indonesia (PMI) dari Malaysia ke Indonesia melalui PLBN di Kalimantan Barat masih terus terjadi. Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19, Kodim 1208/Sambas melalui Koramil 1208-02/Sejangkung menerapkan protokol kesehatan kepada PMI yang masuk melalui PLBN Aruk, Sajingan, Sambas.


Personel Koramil Sejangkung bersama dengan instansi terkait lainnya langsung melaksanakan pemeriksaan kepada PMI yang baru datang dari Malaysia. Para PMI diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya. 


Selanjutnya para PMI juga menjalani tes kesehatan termasuk tes cepat (Rapid Test) yang dilakukan pihak Karantina Kesehatan Aruk, dilanjutkan pemeriksaan Imigrasi dan Bea Cukai. Termasuk juga dengan barang bawaan juga dilakukan penyemprotan disinfektan.


Dandim 1208/Sbs, Letkol Inf Setyo Budiyono, S.H., M.Tr (Han), secara terpisah mengungkapkan, sesuai dengan laporan yang diterimanya untuk hari ini ada sebanyak 22 orang PMI yang melintas dari PLBN Aruk ke wilayah Indonesia. Terdiri dari 19 orang laki-laki dan 1 orang perempuan.


"Ada 21 orang PMI Mandiri dari wilayah Kalbar dan 1 orang PMI Mandiri asal dari Nusa Tenggara Barat," urai Dandim.


Selanjutnya menjelaskan, penerapan protokol kesehatan tersebut sesuai dengan regulasi dari pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Karena wilayah Malaysia juga termasuk wilayah yang dilanda pandemi.


"Hal ini untuk meyakinkan bahwa para PMI yang masuk ke wilayah Indonesia tidak ada yang terpapar virus Corona," kata Letkol Inf Setyo Budiyono, S.H., M.Tr (Han).


Dari hasil rapid test seluruhnya  dinyatakan nonreaktif. Sehingga 22 orang PMI ini dapat langsung melanjutkan ke daerah tujuan masing-masing.


"Personel dilapangan sudah memberikan imbauan kepada para PMI agar sesampainya ditempat tujuan segera melaporkan diri kedatangan mereka ke RT/RW, Kades, Kadus setempat untuk didata dan diperiksa kesehatannya," pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)

Komentar

Tampilkan

Terkini