Iklan

Ratusan Pegawai Basarnas Ikuti Swab Test Massal BIN

Selasa, 18 Agustus 2020, 2:46 PM WIB Last Updated 2020-08-18T07:46:33Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Aksaranews.co.id - Jakarta - Medical Intelijen Badan Intelijen Negara ( BIN ) melanjutkan rangkaian upaya percepatan pencegahan penyebaran COVID-19.

Kali ini, BIN menggelar swab test dengan metode PCR test di kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Jakarta Pusat, Selasa (18/8/2020). BIN menyediakan kuota 620 selama 2 hari ke depan untuk mengakomodir pegawai di lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Koordinator Wilayah Sub Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 BIN, Sony Arifianto mengatakan swab test digelar di Basarnas atas permintaan dari Basarnas terhadap BIN. Selama 2 hari sejak hari ini Selasa (18/8) sampai Rabu (19/8) esok, BIN akan melakukan test swab terhadap 620 orang.

"Hari ini kami melakukan test swab sebagaimana arahan dari Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan dalam upaya membantu pemerintah mempercepat penanganan pencegahan COVID-19," ucap Sony kepada wartawan di kantor Basarnas.

Sony menjelaskan Medical Intelijen BIN mengerahkan 35 tenaga medis guna menunjang pelaksanaan swab test ini. BIN juga menyiapkan 2 mobile PCR test untuk mengolah langsung sampel swab test 620 pegawai Basarnas.

"Kita siapkan tenaga medis sebanyak 35 orang dengan mobile PCR ada 2 unit. Mobile PCR ini hasilnya bisa diketahui 5 sampai 7 jam dengan sampel 300 per harinya," tuturnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi Basarnas Abdul Haris Achadi mengucapkan terima kasih atas kerjasama dengan BIN yang membantu melaksanakan kegiatan swab test untuk pegawainya. Haris mengatakan kerja dari personel Basarnas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat mempunyai resiko tinggi tertular COVID-19.

"Alhamdulilah berkat kerjasama dengan BIN melakukan test swab selama 2 hari ke depan kepada personel-personel dari Basarnas. Termasuk tenaga penunjang dari Basarnas. Ini sangat diperlukan karena tugas-tugas di Basarnas ini tidak hanya administratif tetapi juga menyelenggarakan teknis operasional," jelasnya.

Oleh karena itu, lewat swab test ini diharapkan dapat memberi kepastian terhadap personel Basarnas akan kesehatannya terkait COVID-19. Haris menyampaikan pihaknya tetap memberlakukan protokol kesehatan terhadap para pegawai sebagaimana arahan dari pemerintah.

"Kami ini kan melakukan pertolongan. Nah oleh karena itu, kami melakukan tes swab untuk memastikan bahwa personel personel kami ini sudah sehat. Dan ini merupakan prosedur dari pemerintah yaitu ada prosedur dan pencegahan dari pemerintah dari Menteri kesehatan," pungkasnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini