Iklan

Peringatan HUT RI ke 75 Kemerdekaan Terapkan Protokol Kesehatan Gunakan Masker

8/17/20, 23:26 WIB Last Updated 2020-08-17T16:26:50Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


AksaraNews.co.id - Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tahun 2020, di Kabupaten Sambas berlangsung khidmat dan lancar. Adapun rangkaian kegiatan dimulai dari upacara renungan suci di taman makam pahlawan kab sambas, ahad malam (16/8). Upacara renungan suci dipimpin langsung inspektur upacara dari kepolisian. Adalah AKBP Robertus B Herry AP SIK Msi, Kapolres Sambas yang memimpin khidmatnya upacara malam tersebut.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, seluruh rangkaian peringatan tahun ini, menjadi beda dikarenakan terdapat penerapan protokol kesehatan terkait covid 19. Termasuk rangkaian malam renungan suci, seluruh peserta upacara mengenakan masker. Seyogyanya jika tahun sebelumnya terdapat agenda penyalaan lilin dipusara makam pahlawan, tahun ini, tidak dilaksanakan.

Senin (17/8), seperti biasa, pagi hari diisi dengan rangkaian kegiatan upacara pemberian remisi di lembaga pemasyarakatan kelas II B Sambas. Bupati Sambas menjadi pembina upacara membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI dan menyerahkan secara simbolisi remisi dari negara untuk para warga binaan pemasyarakatan.

Setelah pemberian remisi, tahapan selanjutnya berbeda dengan tahun-tahun sebelum covid 19 melanda. Peringatan detik-detik 75 tahun kemerdekaan RI kali ini, tetap digelar dihalaman kantor bupati sambas mulai jam 08.30 wib. Upacara hanya menggelar pengibaran bendera oleh 4 orang anggota paskibra didampingi 4 satuan TNI Polri penjaga Sang Merah Putih secara sederhana. Tidak ada formasi yang dibentuk pasukan pengibar bendera. Tidak ada pembacaan naskah pidato proklamasi. Peserta upacara pun terbatas, terdiri pasukan TNI Polri, satuan polisi pamong praja dan perwakilan ASN, tidak ada barisan pelajar.

Puncak peringatan detik-detik proklamasi RI, dilaksanakan secara virtual bersama Presiden dan Wakil Presiden. Bupati Sambas, Wakil Bupati Sambas, Sekda, Pejabat Eselon II dan Forkopimda bersama-sama mengikuti upacara virtual di Aula Utama Kantor Bupati Sambas. Setingan Virtual ditangani langsung Dinas Kominfo Sambas.

Meskipun hanya dilaksanakan secara virtual, upacara tetap berjalan khidmat dan lancar. Semua berjalan sesuai waktu yang telah ditentukan sekretariat negara. Ziarah nasional, juga digelar di Taman Makam Pahlawan Kab Sambas. Selaku Inspektur Upacara Ziarah Nasional, Dandim 1208 Sambas, Letnan Kolonel Inf Setyo B. Bupati dan rombongan, usai ziarah nasional, melakukan tabur bunga dipusara makam pahlawan yang terdiri dari 6 pejuang dari warga dan 16 pejuang dari TNI.

Upacara penurunan sang merah putih, juga dilaksanakan dua sesi. Bupati dan forkopimda mengikuti sesi upacara secara virtual dengan Presiden dan wakil Presiden RI. Wakil Bupati memimpin langsung upacara penurunan bendera di halaman kantor bupati sambas diikuti pejabat eselon II Pemda Kab Sambas. Dan tahun ini, tidak ada gelaran resepsi kenegaraan.(*)
Komentar

Tampilkan

Terkini