Iklan

Mensos Berharap BST Tahap I Tuntas Sebelum Lebaran

5/23/20, 16:03 WIB Last Updated 2020-05-23T09:03:09Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini




Aksara news.co.id - KABUPATEN BEKASI (23/05)* -
Lokasi I: Kantor Desa Jaya Sampurna, Kecamatan Serang Baru, Bekasi, Jawa Barat (Bansos Tunai/BST)

Kabupaten Bekasi merupakan daerah besar yang dekat dengan Jakarta. Dari pengamatan lapangan, saya melihat perlu percepatan realisasi BST.
Saya sudah minta kepada Kadinsos dan PT Pos supaya dikoordinasikan langkah penambahan lokasi pembayaran/loket dan waktu pembayaran untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sehingga hari ini bisa selesai (penyaluran untuk Tahap I). Hal ini sejalan dengan arahan Presiden agar sebelum lebaran ini daerah-daerah yang memang terdampak paling terdampak ini sudah selesai BST Tahap I.
Soal koordinasi memang masih perlu koordinasi di awal penyaluran bisa dimaklumi. Sekarang kan sudah lancar. Insya Allah Kabupaten Bekasi bisa tersalurkan lebih baik.

Kita harapkan berjalan mekanisme yang lebih baik. Kalau pertama kan kadang-kadang masih ada sedikit penyesuaian. Karena ada juga pemyaluran Bansos dari Kementerian lain dari Pemprov dari Pemkab. Kalau di lapangannya sudah ketemu ke depannya lebih lancar.

Lokasi II: Desa Mampir, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Bansos Sembako)

Di sini saya menyaksikan distribusi bansos sembako, di daerah yang dekat dengan Jakarta. Saya lihat sendiri, masyarakat penerima bansos adalah masyarakat yang ya kondisinya memang benar-benar yang membutuhkan ya. Jadi ini saya lagi membuktikan bahwa bantuan bantuan sosial memang tepat sasaran.

Daerah-daerah seperti ini kan memang kurang tersentuh bantuan. Kalau yang belum tersentuh bansos tinggal segera dikoordinasikan dengan pemerintah Kabupaten Bogor. Tinggal diperbaiki saja data-datanya untuk tahapan berikutnya supaya lebih sempurna. Memang bantuan pemerintah ini kan terbatas.

Lokasi III: Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor (Bansos Tunai/BST).

Proses realisasi BST di Kecamatan Bogor Selatan cukup baik. Ada perkembangan signifikan dengan prosentase penerima mencapai 90%. Adapun untuk bansos sembako tahap ke-3 di DKI daerah memasuki Tahap III. Sementara di Bodetabek mulai berjalan Tahap II. Tidak mudah mengejarnya. Kalau belum tercapai sampai Lebaran, Senin diatur lagi kendalanya dimana.

Karena mengatur orang banyak jutaan orang yang harus diberikan bantuan ini kan tidak semudah yang kita bayangkan. Di sini peran Pemda sangat menentukan. Kalau untuk pelaksanaan kan yang mengatur segala macam itu dari Pemda.
Komentar

Tampilkan

Terkini