Iklan

Di Tengah Suasana Ramadhan , Kasal Serahkan Zakat Maal di Masjid Al Arif

Jumat, 08 Mei 2020, 11:03 PM WIB Last Updated 2020-05-08T16:03:08Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Aksara news.co.id - Jakarta, 8 Mei 2020 - - - Dalam suasana bulan suci Ramadhan 1441 H/2020 M, pengurus Masjid Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) menerima Zakat Maal dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., Wakasal Laksamana Madya Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., M.M., para Pejabat Utama Mabesal, serta para Kadis Mabesal di Masjid Al-Arif, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (8/5).

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan dengan penyampaian hikmah zakat oleh Kasubdisbintal Diswatpersal Kolonel Laut (KH) Harun Al Rasyid, S.Ag. Zakat Maal yang telah diserahkan Kasal, Wakasal,  para Pejabat Utama serta para Kepala Dinas di lingkungan Mabesal itu diterima langsung oleh Kasubdisbintal beserta jajarannya dengan prosesi Ijab Qabul.

Sementara itu, dalam amanatnya Kasal antara lain mengatakan, zakat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim, termasuk dalam Rukun Islam keempat, yang memiliki arti sesuatu yang menyucikan, baik untuk membersihkan diri (Zakat Fitrah) dan membersihkan harta (Zakat Maal). Seorang muslim yang mampu secara ekonomi, wajib membayar Zakat Maal untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya, baik melalui panitia zakat maupun didistribusikan sendiri.

”Zakat Maal yang ditunaikan oleh umat muslim setiap tahunnya mengandung hikmah yang mendalam terhadap keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dari hikmah tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pembinaan personel TNI Angkatan Laut, sehingga selain kedisiplinan dan profesionalisme yang senantiasa dijunjung tinggi, para prajurit juga memiliki jiwa sosial dan empati yang tinggi, serta rela berkorban demi terwujudnya kemanunggalan TNI dengan masyarakat”, ujar Kasal.

Zakat Maal tersebut selanjutnya akan disalurkan kepada yang berhak menerimanya yakni, yatim piatu keluarga besar TNI AL, Warakawuri TNI AL, para Fisabilillah, Badan Amil Zakat Nasional, Yayasan Pendidikan, serta Masjid dan tempat ibadah lainnya di Lingkungan TNI AL.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.
Komentar

Tampilkan

Terkini