Iklan

Memuaskan , Hasil Pembekalan 700 Prajurit Satuan BKO Koramil Persiapan Kodam XVIII/ Kasuari

2/04/20, 20:48 WIB Last Updated 2020-02-04T13:48:28Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



AksaraNews.co.id - Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id -
Pembekalan terhadap para prajurit Satuan Bawah Kendali Operasi (BKO) Koramil Persiapan Kodam XVIII/Kasuari TA. 2020 yang telah dilaksanakan selama 14 hari, yang dimulai sejak 22 Januari 2020 di Aula Makodam XVIII/Kasuari dan dilanjutkan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kehutanan Kabupaten Manokwari, telah memberikan banyak materi pembekalan kepada para peserta, seperti materi kepemimpinan, teritorial, intelijen, tempur, budaya, hukum, dan penerangan (media sosial dan penulisan berita) yang diberikan oleh 50 orang narasumber, hingga saat ini telah mencapai hasil secara kuantitas 700 orang peserta lengkap dan secara kualitas mencapai hasil yang memuaskan.

Demikian dikatakan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XVIII/Kasuari Kolonel Kav Susanto Dwi Asmara, S.H, pada acara penutupan Pembekalan Personel Satuan BKO Koramil Persiapan Kodam XVIII/Kasuari Tahun Anggaran (TA) 2020, Selasa (4/2/2020) di BLK Kehutanan, Sanggeng, Manokwari, Papua Barat.

Lebih lanjut Pangdam XVIII/Kasuari berharap agar seluruh personel Satuan BKO Koramil Persiapan dapat memahami dan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang sudah diterima dengan benar saat bertugas di lapangan nantinya.

"Hal ini menuntut adanya sosok Aparat Teritorial yang cakap dan tanggap dalam menghadapi setiap perkembangan situasi dan kondisi wilayah binaannya bersama-sama dengan komponen masyarakat lainnya, guna mewujudkan Pertahanan Negara dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Dengan  berakhirnya   kegiatan pembekalan tersebut, Mayjen Joppye menilai bahwa para Prajurit yang tergabung dalam Satuan BKO Koramil Persiapan sudah siap 100%, ditempatkan di wilayah tugas yang baru sebagai aparat kewilayahan, yang dituntut harus selalu berkomunikasi, berkoordinasi, dan bekerja sama dengan seluruh komponen masyarakat serta pemerintah daerah setempat.

"Semua itu untuk mewujudkan keselarasan dalam pencapaian tujuan bersama, melalui kegiatan utama yaitu penyiapan Koramil baru, pembinaan rekrutmen prajurit putra daerah dan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan elemen masyarakat guna mewujudkan stabilitas keamanan wilayah, sekaligus melaksanakan pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, sesuai yang diharapkan Kodam XVIII/Kasuari," ungkap Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau.

Selanjutnya Aster Kolonel Kav Susanto Dwi Asmara, S.H. menyampaikan penekanan Pangdam XVIII/Kasuari untuk para personel Satuan BKO Koramil Persiapan Kodam XVIII/Kasuari TA. 2020, yakni:
Pertama, Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa;
Kedua, Laksanakan tugas yang mulia ini dengan penuh kesungguhan, tulus, ikhlas, dan rasa tanggung jawab yang tinggi;
Ketiga, Pelihara solidaritas, soliditas, dan sinergitas dengan sesama prajurit dan aparat lain di lapangan;
Keempat, Lakukan dan kembangkan terus Komsos dengan seluruh komponen masyarakat; dan
Kelima, Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI dalam melaksanakan setiap tugas di lapangan.

*Bersihkan Pulau Mansinam*

Di tempat yang sama, Kapendam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Andi Gus Wulandri, S.I.P. kepada Pers mengungkapkan, 700 orang Prajurit Satuan BKO Koramil Persiapan Kodam XVIII/Kasuari yang rencananya akan diberangkatkan ke tempat penugasannya masing-masing pada 12 Februari 2020 tersebut, selama pembekalan dan penampungan di BLK Kehutanan Manokwari, juga melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

Selain kegiatan belajar di kelas, olah raga dan pembersihan di area BLK, mereka juga dilibatkan karya bakti bersih-bersih ruas jalan hingga lokasi sekitar Pasar Sanggeng Manokwari," ucap Kapendam.

"Bahkan meskipun mereka belum masuk ke tempat penugasannya, mereka sudah memberikan andil dalam menyiapkan hajatan besar di tanah Papua, khususnya di Kabupaten Manokwari berupa peringatan masuknya Kitab Suci Injil di Tanah Papua, yang dikenal dengan peringatan HUT ke-165 Perkabaran Injil di Tanah Papua yang akan digelar 5 Februari 2020 esok, dengan ikut membantu masyarakat membersihkan lokasi acara ibadah bagi umat Nasrani di Pulau Mansinam, Manokwari," tutup Andi Gus.(Letkol Inf Ertoto)
Komentar

Tampilkan

Terkini