Iklan

Perpustakaan Keliling Tentara Kembali Datangi Sekolah di Perbatasan

1/27/20, 19:12 WIB Last Updated 2020-01-27T12:12:44Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini





AksaraNews.co.id - Merauke — Pepatah "Membaca Adalah Jendela Dunia" merupakan suatu ungkapan yang tepat, karena dengan membaca buku, akan banyak ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan, memperluas wawasan seseorang, beraneka kejutan dan hiburan pun bisa diperoleh melalui membaca buku.

Guna menghadirkan jendela dunia itu diperbatasan RI-PNG, sejak awal bertugas di bulan Agustus 2019 lalu, Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad berinovasi menyulap Truk Dinas Tentara jenis NPS menjadi mobil pintar "Perpustakaan Keliling" yang membawa ratusan judul buku dan satu buah televisi 42 inci untuk nonton bersama.

Kini dimasa tugasnya yang sudah berjalan sekitar enam bulan, Perpustakaan Keliling Tentara kembali menyambangi Sekolah Dasar (SD) yang ada di wilayah binaan teritorial Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Kuler yang dipimpin oleh Danki Satgas Lettu Inf Aprianto Trianggoro Putro, S.T.Han.

Kali ini SD YPK Kuler di Kampung Kuler, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke, Papua, pada hari Senin(27/1/2020), menjadi sekolah kesepuluh yang disambangi 10  personel Satgas dari Pos Kuler dengan Perpustakaan Keliling, hal ini adalah pertama kali ada perpustakaan keliling disekolah tersebut.

"Sengaja kami datangkan perpustakaan keliling dari Pos Kout, untuk membangun minat baca dan memperluas pengetahuan dan wawasan siswa-siswi di SD YPK Kuler. Selain itu juga ada nonton bareng film tema perjuangan serta membagikan bubur kacang hijau setelah kegiatan usai guna menambah gizi para siswa," Ucap Lettu Inf Aprianto.

Terpisah, Dansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., mengatakan, kegiatan Perpustakaan Keliling merupakan salah satu program teritorial Satgas untuk menghadirkan
jendela ilmu pengetahuan bagi anak-anak yang ada disekolah perbatasan.

“Inovasi ini sebagai usaha meningkatkan prestasi siswa, membantu mengajar di sekolah disekitar pos Satgas juga dilakukan, kita juga memberikan bimbingan belajar di pos. Bagi kami pendidikan dan ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang sangat penting meskipun dihadirkan dalam bentuk yang sederhana,” tutur Mayor Inf Rizky.

Kepala Sekolah SD YPK Kuler, Ibu Deniana Makailipessi, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad yang telah datang membawa Truk Tentara dengan disulap menjadi Perpustakaan Kelilng yang menarik.

"Terimakasih banyak bapak-bapak TNI, telah singgah ke sekolahan kami, senang rasanya melihat siswa-siswi kami semangat dan antusias dalam membaca buku, ini adalah kali pertama dan tentunya menjadi hal baru dan membuat siswa-siswi semakin semakin cinta dengan membaca," pungkasnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini