Iklan

Panitia Perayaan Cap Go Meh di Pemangkat Mengadakan Rapat Saran dan Masukan

1/16/20, 19:45 WIB Last Updated 2020-01-16T13:18:09Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Kamis, 16 Januari 2020

Sambas, Aksaranews.co.id -
Tahun Baru Imlek nampaknya kurang meriah kalau tidak ada Cap Go Meh. Kebanyakan orang cuma tahu kalau Cap Go Meh adalah perayaan yang dilakukan orang Tionghoa dua minggu setelah Tahun Baru Imlek.

Istilah Cap Go Meh berasal dari dialek Hokkian yang bila diartikan secara harafiah bermakna,  15 hari atau malam setelah Imlek. Bila dipenggal kata per kata, ‘Cap’ artinya sepuluh, ‘Go’ artinya lima, dan ‘Meh’ berarti malam.

Demi keamanan dan keamanan perayaan Cap Go Meh Pemangkat ,  Panitia Cap Go Meh bersama muspida dan muspika kecamatan Pemangkat (Kalbar) duduk bersama Membahas Saran dan masukan Kegiatan Cap Go Meh, Kamis, (16/1/2020)  Aula Kantor Camat Pemangkat.

Di rapat tersebut hadir, Camat (Selamet Riyadi) ,
Danramil Kecamatan Pemangkat,
Kapolsek Pemangkat (Bagio E),
Kompi 641 (Yudo H),
Kejaksaan,
Tokoh masyarakat (H.Azwar)
Tokoh pemuda (Erik,  Engkel)
Ketua FPI pemangkat (Beni)
HPMP (Andri)

Di dalam rapat tersebut membahas berbagai macam persoalan,  seperti, warga yang  manggul Tatung/ Sinsang, Jalur Rute Pawai.

Di Acara tersebut,  Tokoh Agama,  muspida,  Muspika Kecamatan Pemangkat  memberi saran serta masukan kepada Panitia Agar tidak melibatkan Warga Muslim di ritual acara tersebut demi menjaga aqidah,  keamanan,  kenyamanan bagi masyarakat Tionghoa ,  karena selama ini masih banyak masyarakat muslim terlibat di acara  tersebut, seperti  manggul Tatung,  memainkan Naga,  maupun yang lainnya.

Demi Keamanan, serta  kondusifitas dalam acara Cap Go Meh,  Panitia menyepakati serta menerima saran dan masukan dari tokoh,  agama,  pemuda,  muspida serta  muspika.

Semoga saran yang di berikan oleh beberapa pihak, muspika pemangkat bisa di tanggapi dgn cermat, Karena sangat Sansitif.

Reporter : Rahmadi / Andi   Efendi  AR

Editor      : Dedi Anggara
Komentar

Tampilkan

Terkini