Iklan

300 Burung Berkicau Ikuti Kontes Burung Bajak Laut

1/05/20, 15:07 WIB Last Updated 2020-01-05T08:07:43Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini




Minggu 05 Januari 2020

Sambas, Aksaranews.co.id - Sedikitnya 300  Burung Berkicau di Kabupaten Sambas Ikuti Kontestan  Burung  Bajak Laut di Desa  Sinam,  Kecamatan Pemangkat (Kalbar), Minggu, (05/01/2020),  dilapangan Futsal Anugerah Sinam.


Tidak sekadar Lomba, kompetisi ini sekaligus membangkitkan ekonomi kerakyatan melalui penangkaran burung.

Burung tersebut merupakan hasil penangkaran dari berbagai daerah di Pulau Kalimantan Barat. 

Lapangan Futsal Anugerah  Sinam  Pemangkat (Kalbar) sore ini menjelma bak kebun binatang. Merdu kicau burung mewarnai suasana sore di Sinam. Mulai dari kapas Tembak, Murai Batu, Kenari,  Serindit,  Murai Batu, Lovebird, Kacer, Pleci, Cucak Hijau dan Cucak Jenggot, Cucak Ijo, Berkicau  saling bersahutan.

Ketua Pelaksanaan Kicau Mania,  Perus (Along Perus) dan  Juri JBNI Pontianak .

Perlombaan ini digelar di Satu arena yang sama. Begitu kerodong dibuka dan sangkar disangkutkan di gantungan, burung kontestan pun berkicau saling bersahutan. Dari luar arena para kicau mania riuh menyemangati burung andalan mereka. Celoteh burung kontestan bersahutan merdu di tengah kesibukan para juri JBNI Pontianak menilai talenta Kontestan.

Perus (Along Perus) menjelaskan, Kontes Burung Bajak Laut bukan sekadar lomba. Menurut dia, kompetisi ini juga untuk membangkitkan semangat Para penghobi burung untuk Melakukan Penangkaran,  selain itu membangkitkan ekonomi kerakyatan. Pasalnya, di Kabupaten Sambas saat ini penangkaran baru sebatas untuk burung jenis Murai, Kenari dan Cucak Rowo.

Lomba ini hanya fasilitas untuk mengadu burung hasil penangkaran. Harapan kami masyarakat  Kabupaten Sambas bisa hidup di dunia burung, walau hanya menangkar burung,  Ujar nya.

Dari setiap kelas burung, hanya diambil tiga juara utama. Irama lagu kicauan burung, durasi kicauan dan volume kicauan menjadi kriteria utama penilaian para juri dari JBNI Pontianak .

Total hadiah yang diperebutkan dalam lomba kali ini Rp 5 juta, ujarnya .

Perlombaan kali ini, menjadi permulaan untuk menghidupkan penangkaran burung di Kabupaten Sambas .

Reporter : Rahmadi

Editor      : Dedi Anggara
Komentar

Tampilkan

Terkini