Iklan

Penunjukan Yusril dan Ruki Jadi Dewas KPK Belum Final

12/12/19, 08:40 WIB Last Updated 2019-12-12T01:40:03Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Kamis, 12 Desember 2019

Jakarta, Aksaranews.co.id - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan bahwa penunjukkan Yusril Ihza Mahendra dan Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiqurrachman Ruki sebagai Dewan Pengawas (Dewas) KPK belum final.


Informasi yang beredar, kedua tokoh ini disebut akan mengisi jabatan Dewan Pengawas (Dewas) di lembaga antirasuah (KPK) .

Nama tersebut belum final kok,  Ujar Pratikno di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/12/2019).


Beliau memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum menerbitkan Keppres soal penganggatan lima orang Dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) .

Pemerintah memiliki waktu hingga 20 Desember untuk menunjuk Dewan pengawas KPK serta masih menunggu berakhirnya purna tugasnya pimpinan komisi Pemberantasan korupsi (KPK) yang lama atau jilid IV, ujar beliau.



Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa penunjukkan lima orang anggota Dewan pengawas KPK sudah masuk dalam tahapan final. Meskipun , Kepala Negara belum mau mengumumkan siapa kelima orang yang akan mengawasi kinerja lembaga antirasuah (KPK) .

Semua sudah final , tapi belum diumumkan, jelas Jokowi setelah memberikan pengarahan dalam rapat koordinasi nasional Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Silaturahmi Nasional Bank Wakaf Mikro (BWM) Tahun 2019 di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa, (10/12/ 2019).

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi (Fadjroel Rachman) mengatakan bahwa pelantikan pimpinan KPK jilid V akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan Dewan Pengawas (Dewas) lembaga antirasuah(KPK) .

Pelantikan tersebut , diperkirakan akan berlangsung pada 20 atau 21 Desember 2019. Fadjroel mengatakan bahwa pemilihan lima orang Dewan Pengawas ini merupakan tokoh yang bersih dan terbaik,  Jelas Fadjroel.


Dewas Harus mematuhi persyaratan UU No.19/2019 selain itu,  diarahkan ke sikap politik Presiden Joko Widodo yaitu pemerintahan bersih dan antikorupsi. Dewas KPK terpilih ini insa'allah bersih dan baik, ujar Fadjroel.

(D/H)
Komentar

Tampilkan

Terkini