Iklan

Kejagung Beserta Kementan Akan Sikat Mafia Pertanian

12/12/19, 18:17 WIB Last Updated 2019-12-12T11:17:05Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



Rabu, 12 Desember 2019


Jakarta, Aksaranews.co.id - Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kejaksaan Agung (Kejagung) RI hari ini menandatangani perjanjian kerja sama terkait pembangunan pertanian tahun 2020.

Melalui kerja sama tersebut , Kejagung akan turun langsung ke seluruh kantor-kantor Kementan dan juga Dinas Pertanian di tingkat provinsi dan kabupaten/kota dalam rangka pengawasan kinerja Pertanian di  Indonesia. Pengawasan ini bertujuan untuk mencegah penyimpangan dalam urusan pertanian di Indonesia.

Kami dikawal oleh kebijakan-kebijakan Preventif dari Kejagung, bertujuan mengawal legal-legal draft di Kementan dan MOU terhadap hal-hal yang dibutuhkan untuk pencegahan penyimpangan, ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo usai menghadiri rapat koordinasi nasional rencana pembangunan pertanian tahun 2020, di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (12/12/2019).

Jaksa Agung RI, Sanitiar (ST) Burhanuddin mengatakan bahwa pengawasan ini dilakukan pihaknya terhadap seluruh kegiatan di Kementan maupun Dinas Pertanian daerah di Indonesia .

Semua kegiatan, Sistem apapun akan kita awasi. Kejagung punya tugas melakukan pengamanan, pengawasan dan pengamanan,  kontrol terhadap seluruh pembangunan. Pertanian juga termasuk dalam pengawasan , kita akan awasi semua nya. Tetapi ini baru mulai, ujar Burhanuddin.

Dalam hal tersebut,  Syahrul meminta seluruh jajaran Kementan dan juga Dinas Pertanian daerah harus  berhati-hati.


Jaksa Agung bersama kita, Semua kegiatan harus logis,  dengan hitungan yang benar, berhenti pura-pura, berhenti bohong-bohong itu, ujar Syahrul.


Menurut Mentan Syahrul Yasin Limpo, Dinas Pertanian daerah adalah pihak yang mengetahui secara mendalam potensi dan juga hasil produksi pertanian di daerah nya . Justru itu, beliau meminta secara khusus agar Dinas Pertanian daerah dapat memberikan data-data pertanian yang valid,  benar, atau tanpa manipulasi.

Tugas Kementan di tingkat nasional  yaitu mengasistensi dan memberikan supporting system yang kuat, Tapi yang paling tahu kemampuan wilayahnya  itu adalah kalian yang ada di Kabupaten maupun kota . Yang paling tahu yang ada di provinsi itu, kalian yang ada di provinsi itu. Kami mendukungnya. Dan kemandirian itu ada di situ, Jelas nya.

(D/H)
Komentar

Tampilkan

Terkini