Iklan

Ritual Pembakaran Sakral Kapal Tongkang Masyarakat Chinese

Selasa, 23 Juli 2019, 11:32 AM WIB Last Updated 2019-07-23T04:32:02Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Aksara news.co.id - Acara Pembakaran kapal Tongkang Oleh Warga Caenes, acara Sakral yang di laksanakan untuk ke 23 kalinya  di Kota Batam.

Di Hadiri oleh Bapak Wakil Bupati, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Ketua ikatan Hilir para suku Caenes, Bapak Rusdi dan Bapak Acun.

Konon ceritanya dapat kita ketahui pembakaran kapal tongkang di bagan Siapi-api yang selama ini di laksanakan setiap tahunnya sama dengan pembakaran kapal tongkang di  kota Batam ini.

Ceritanya di dalam kapal tongkang itu ada 18 orang mereka berlayar di tengah lautan dan tidak menemukan daratan sehingga perbekalan pun mulai habis, maka mereka pun berikrar
"Dimana Tanah Daratan  Yang Kami Temukan Disitulah Kampung Halaman Kami,dari jauh merekapun Nampak
kunang-kunang dan merekapun putar haluan menuju ke kunang-kunang yang hinggap di atas pohon.Berati  Kunang-kunang hinggap di pohon, pohon hidup di daratan dan merekapun menemukan daratan. Kapal tongkang yang ditumpanginpun di Bakar sesuai ikrar mereka.
 "kunang-kunang itu hinggap di pohon, pohon itu api-api" Maka disutulah di bilang kota Bagan
siapi-api.

Merekapun hidup jaya dan berkembang turun-temurun. Sehingga melaksanakan acara pembakaran kapal tongkang yang Ceritanya pembakaran uang yang di bentuk menjadi kapal tongkang untuk mendoakan leluhur atas keberhasilan.

Apabila kapal tongkang jatuh ke laut maka rezeki  ada di laut Dan kalau jatuh di darat maka rezeki nya di darat. (Aus)
Komentar

Tampilkan

Terkini